Inilah 6 Aksara Nusantara yang Kini Nasibnya Terancam Punah

oleh VeBee
14:24 PM on Apr 27, 2016

Sebelum menjadi negara yang berdaulat seperti sekarang ini, Indonesia dulu masih berupa nusantara yang terdiri dari beberapa kerajaan. Pada masa-masa itu, masyarakat nusantara menggunakan beberapa bahasa dan tulisan atau yang dulu disebut aksara untuk berkomunikasi.

Tiap daerah di nusantara punya aksara yang berbeda dari tempat lainnya. Beberapa di antaranya masih kita kenal hingga kini. Seperti aksara Jawa dan aksara Sasak. Beberapa lagi kita kenal melalui prasasti yang dibahas dalam pelajaran sejarah di bangku-bangku sekolah.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Nah, agar kita tak melupakan budaya kita, yuk kita bahas aksara yang sangat berarti untuk nenek moyang kita itu di sini.

1. Aksara Pallawa

Aksara Pallawa adalah aksara yang paling sering digunakan pada beberapa prasasti di nusantara. Seperti prasasti Mulawarman di Kutai, Kalimantan Timur dan Prasasti Tarumanegara di Jawa Barat. Aksara Pallawa atau biasa ditulis Pallava ini berasal dari Dinasti Pallava yang pernah berkuasa di selatan India antara abad ke-4 sampai abad ke-9 Masehi.

contoh-tanda-baca-pasangan-3898-x-2088-55a1d87af47e61e8062f33fd
Aksara Pallawa [ Image Source ]

2. Aksara Jawa

Aksara yang hingga kini masih dikenal oleh masyarakat Jawa adalah Aksara Jawa. Aksara ini menggunakan sistem tulisan Abugida yaitu sistem penulisan dari kiri ke kanan dan melambangkan suatu suku kata bervokal ‘a’.

jawa
Aksara Jawa [ Image Source ]
Aksara ini terdiri dari 20 suku kata dan beberapa aksara suara, tanda baca, dan angka Jawa. Aksara Jawa dan aksara Bali merupakan perkembangan modern dari aksara Kawi, salah satu turunan aksara Brahmi yang berkembang di Jawa. Aksara ini dulu lebih banyak digunakan untuk menerjemahkan bahasa sansekerta.

3. Aksara Bali

Aksara Bali adalah aksara yang hampir sama dengan aksara Jawa. Hanya saja aksara Bali terdiri dari 47 aksara yang terdiri dari 18 huruf konsonan dan 7 huruf vokal, sedangkan sisanya adalah serapan dari bahasa Sansekerta dan Kawi.

bali
Aksara Bali [ Image Source ]
Dalam aksara Bali, huruf dibagi berdasarkan pengucapannya yang sering disebut dengan warga aksara. Pembagian ini berdasar pada kaidah penulisan Sansekerta Panini.

4. Aksara Kawi

Aksara Kawi atau sering ditulis Kavi yang memiliki arti pujangga. Aksara Kawi adalah salah satu jenis aksara Brahmi. Aksara Kawi sering digunakan di sekitar daerah Jawa dan Bali.

aksara-kawi1
Aksara Kawi [ Image Source ]
Tapi beberapa prasasti bertuliskan aksara Kawi juga ditemukan sampai ke Filiphina. Pada perkembangannya, aksara Kawi adalah nenek moyang dari aksara-aksara yang ada di nusantara.

5. Aksara Sasak

Seperti namanya, aksara ini sering digunakan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok. Aksara ini terdiri atas 4 bagian yaitu Carakan, Swalalita, Rekan, dan Carakan. Hampir sama dengan Aksara Jawa, aksara Sasak juga berjumlah 20 huruf dengan tambahan aksara murda dan angka.

university-of-tuscia-april-2014-lecture-1-28-638
Aksara Sasak [ Image Source ]

6. Aksara Lontara

Aksara Lontara sering digunakan oleh masyarakat suku Bugis-Makassar. Aksara ini lebih sering digunakan untuk menulis tata aturan pemerintahan dan kemasyarakatan. Naskah ditulis pada daun lontar menggunakan lidi atau kalam yang terbuat dari ijuk kasar. Aksara lontara terdiri dari 23 huruf konsonan dan mempunyai vokal inheren ‘a’.

aksara-lontara
Aksara Lontara [ Image Source ]
Selain deretan aksara yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak lagi aksara di berbagai daerah di Indonesia seperti aksara Lampung dan aksara Batak. Saat ini banyak anak dan pemuda di daerah yang tidak hafal dan kesulitan menuliskan aksara yang merupakan bagian dari budaya daerahnya.

Lalu, bagaimana anak cucu kita bisa mengenal budaya nenek moyang kita? Semoga dengan informasi ini, bisa membuat kita kenal dengan warisan budaya sendiri dan menjaganya tetap lestari.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA