Deep Web Memang Bikin Penasaran, tapi Inilah Akibatnya Kalau Kamu Sembarangan Memasukinya

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 17, 2016

Fenomena Deep Web yang booming belakangan sukses membuka mata banyak orang tentang internet. Ya, siapa sangka jika internet yang dipakai tiap hari ini ternyata memiliki sesuatu yang lain dan sebelumnya tak pernah diduga keberadaannya. Sayangnya, Deep Web tidak berisi sesuatu yang bagus sehingga alih-alih banyak yang memasukinya, orang-orang pun memilih untuk jauh-jauh dari si-sisi lain internet ini.

Meskipun identik dengan hal-hal ngeri, Deep Web sendiri memunculkan rasa penasaran yang besar. Sejak pemberitaannya booming, satu per satu orang-orang mulai memasuki Deep Web dan mencari tahu kebenarannya. Memasuki Deep Web sendiri adalah hal yang sebenarnya tak disarankan karena risikonya begitu besar. Apalagi para pemula yang akan membuat mereka seperti domba lugu di hutan penuh serigala.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Kamu mungkin penasaran juga dengan Deep Web. Tapi, alangkah baiknya untuk mengurungkan niat itu, setidaknya sampai benar-benar ahli dan siap mental. Memaksa memasukinya tanpa persiapan dan kecerobohan bisa berakibat fatal. Misalnya beberapa hal berikut.

Deep Web Bisa Memberimu Virus yang Tak Bisa Disembuhkan

Internet adalah salah satu media yang sangat efektif bagi penyebaran virus komputer. Kamu pasti pernah dengar kan soal ini? Ya, hal tersebut adalah fakta dan seratus persen benar. Virus memang bisa dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menyebar lewat jaringan maya. Dan hal yang sama seperti ini juga terjadi di Deep Web, tapi levelnya jauh lebih ngeri.

Ilustrasi virus komputer [Image Source]
Ilustrasi virus komputer [Image Source]
Deep Web ibaratnya adalah sarang virus di mana ketika kita nggak melakukan proteksi maka virus-virus itu akan menyerang seketika. Yang ngeri lagi adalah virus-virus Deep Web itu biasanya selalu lebih hebat dan kelas berat. Artinya sungguh sangat susah untuk dihilangkan dan juga memberikan kerusakan besar. Jika nggak siap dengan risiko ini, maka berhentilah mencoba memasuki Deep Web.

Siap-Siap Dibegal Hacker

Deep Web ini kalau diibaratkan mirip seperti sarang penyamun di mana isinya adalah orang-orang jahat. Pada kenyataannya memang seperti itu, bisa dilihat dari web-web di sana yang isinya selalu tentang kriminal dan ilegal. Termasuk hacker, mereka juga merupakan penghuni setia Deep Web.

Ilustrasi hacker [Image Source]
Ilustrasi hacker [Image Source]
Hacker adalah risiko ngeri berikutnya ketika kita memasuki Deep Web. Biasanya mereka akan melakukan upaya-upaya pencurian terhadap data kita apa pun itu. Mulai dari informasi pribadi sampai akun-akun bank kita. Tanpa persiapan matang ketika memasuki Deep Web sama artinya kita dibegal oleh mereka. Sama seperti bunuh diri lah, tapi yang ini bisa dibilang lebih kejam.

Risiko Sakit Mental karena Konten Deep Web

Keinginan mengunjungi Deep Web sebenarnya jadi hal sangat patut untuk dipertanyakan. Ya, apa sih tujuan mengunjungi tempat ini? Wong isinya sudah jelas-jelas nggak baik dan penuh dengan hal-hal buruk. Rata-rata orang-orang awam mengunjungi Deep Web bukan untuk tujuan tertentu tapi lebih ke arah memuaskan rasa penasaran. Dan di sinilah letak kesalahan fatalnya.

Konten seram Deep Web [Image Source]
Konten seram Deep Web [Image Source]
Bagi orang awam yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Deep Web, hal tersebut bakal jadi pengalaman terburuknya. Alasannya apalagi kalau bukan karena isinya benar-benar ekstrem. Mulai dari pembunuhan secara live, prostitusi, sampai penyiksaan-penyiksaan. Gambar atau video yang ada di sana rata-rata tidak layak ditonton dan sangat mungkin membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

Deep Web Kemungkinan Bisa Membuatmu Dipenjara

Mengunjungi Deep Web sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar legal. Kalau untuk umum, kenapa butuh banyak trik untuk memasukinya? Makanya, Deep Web bisa dikatakan sebagai aktivitas yang masuk ranah cyber crime. Artinya, secara nggak langsung seseorang bisa dipenjara karena melakukan hal tersebut.

Deep Web [Image Source]
Deep Web [Image Source]
Alasan kenapa Deep Web masuk ranah kriminal juga dilihat dari sisi fungsionalitasnya sendiri. Seperti yang kamu tahu, Deep Web ibaratnya adalah seperti tempatnya orang-orang jahat berkumpul. Makanya, ketika masuk ke dalam sana kemudian mengakses kontennya, seseorang bisa dikatakan terlibat dalam hal-hal kriminal tersebut. Kesimpulannya, dengan memasuki Deep Web, maka seseorang sangat mungkin untuk dihukum pidana.

Memang sih, Deep Web hanya dunia maya yang nggak benar-benar nyata. Tapi, sebaiknya kita jangan pernah memandang rendah akan hal tersebut dengan melakukan hal-hal ngawur terhadap si Deep Web ini. Entah memasukinya secara sembarangan atau mengakses konten-konten tertentu. Akan ada bahaya besar menunggu kita jika melakukan kegilaan-kegilaan macam gitu. Cukup sadari saja kalau Deep Web itu ada dan tidak bermain-main dengan hal tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA