Akhir Hayat Erri Yunanto, Pendaki Puncak Merapi Yang Kini Menggapai Puncak Langit

oleh Adi Nugroho
07:30 AM on May 22, 2015

Setelah melakukan pencarian selama sehari (19/5), akhirnya Tim SAR mampu menemukan tubuh dari Erri Yunanto. Pemuda yang masih aktif sebagai salah satu mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini ditemukan meninggal dunia.

Tim SAR sebelumnya menunda pencarian karena saat keadaan sudah gelap tubub Erri belum nampak. Medan yang sangat sulit membuat pencarian dilanjutkan pada hari berikutnya. Akhirnya setelah lama mencari pada lubang kawah jenazah Erri ditemukan. Berikut ulasan selengkapnya beserta prosesi pemakamannya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Erri di Temukan Dalam Keadaan Tidak Bernyawa

Seperti yang sudah diduga sebelumnya. Seorang yang jatuh ke dalam lubang magma kecil kemungkinan untuk bisa hidup. Terlebih medan yang sangat curam membuat orang yang jatuh akan terpelanting pada bati-batuan.

Perjuangan Tim SAR Temukan Erri [image source]
Perjuangan Tim SAR Temukan Erri [image source]
Kedalaman kawah Gunung Merapi diperkirakan mencapai 200 meter. Namun Jazad Erri ditemukan pada kedalaman sekitar 100 meter. Saat ditemukan, anggota tim SAR tidak menemukan tanda-tanda pergerakan tubuh. Lalu setelah dibawa pada tim medis, Erri dipastikan meninggal dunia.

2. Keadaan Tubuh Erri Saat Ditemukan

Keadaan jasad terakhir Erri masih simpang siur. Pihak kepolisian masih enggan memberikan penjelasan dengan jelas. Banyak orang menduga jika jasad Erri akan hancur karena terpanggang kawah Merapi. Tapi ternyata hal itu tidak terjadi.

Keadaan Tubuh Eri Yunanto [image source]
Keadaan Tubuh Eri Yunanto [image source]
Erri ditemukan pada bebatuan sekitar kawah. Belum sampai masuk ke dalam kawah. Berdasar bocoran dari tim forensik, Erri mengalami banyak luka benturan. Luka di area perut, kepala, dan punggung sangat parah. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab Erri tidak bisa bertahan hingga diselamatkan Tim SAR.

3. Firasat Sebelum Kepergian Erri Untuk Selamanya

Sehari sebelum Erri pergi, keluarga merasakan hal yang aneh padanya. Erri sudah besar dan tidak biasanya ingin tidur dengan kedua orang tuanya. Padahal di rumah Erri sudah memiliki kamarnya sendiri.

Firasat keluarga Erri [image source]
Firasat keluarga Erri [image source]
Orang tua Erri sudah melarang anaknya untuk berangkat mendaki tapi tidak diindahkan. Bapak Erri membujuk akan mengajak anaknya mendaki gunung di Sumbawa saja tempat bapaknya pindah kerja. Namun Erri bersikukuh dan tetap naik ke Gunung Merapi dengan lima temannya hingga nyawanya dikorbankan.

4. Prosesi Pemakaman Erri Yunanto

Setelah divisum, jenazah Erri langsung diserahkan kembali kepada keluarga. Pemakaman Erri berlangsung hari yang sama di rumahnya Sleman. Keluarga menyambut jenazah korban dengan sangat sedih. Erri yang dikenal sangat mudah bergaul justru harus berakhir seperti ini.

Prosesi Pemakaman Erri [image source]
Prosesi Pemakaman Erri [image source]
Kakak dari Erri yang bernama Eki tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. Eki banyak menjumpai pelayat yang sebagian besar tetangga dan teman Erri. Eki mengatakan agar semua orang yang kenal Erri mau memaafkan segala kesalahan Erri sewaktu hidup.

5. Kecelakaan Bisa Terjadi Karena Faktor Alam dan Kelalaian

Kecelakaan yang menimpa Erri bukanlah semata-mata kesalahannya. Memang benar dia melakukan selfie di tempat yang berbahaya. Namun keadaan alam juga mendukung hal ini terjadi. Salah satunya adalah keadaan batuan yang masih muda di tempat jatuhnya Erri.

Kecelakaan Erri di Merapi [image source]
Kecelakaan Erri di Merapi [image source]
Menurut saksi mata, yang masih teman Erri sendiri. Korban terlihat sangat berhati-hati saat memanjat dan turun. Namun batuan ambrol dan dia tidak bisa menyelamatkan diri. Tubuhnya langsung ikut jatuh ke bawah dan terpelanting beberapa kali. Hingga akhirnya ditemukan Tim SAR dalam keadaan tidak bernyawa dan penuh luka.

6. Sudah Meninggal, Instagram Erri Update Foto

Ini bukan kisah horor. Instagram Erri Yunanto memang mengunggaj beberapa foto baru pada 20 Mei yang lalu. Namun pengunggahnya adalah dari pihak keluarga Erri sendiri. Keluarga mengucapkan salam perpisahan bagi putra dan adik kesayangan mereka itu lewat foto-fotonya.

Foto Erri Yunanto di Puncak Merapi [Image Source]
Foto Erri Yunanto di Puncak Merapi [Image Source]

Selain itu mereka minta doa agar Erri bisa beristirahat dengan tenang dan diterima di sisi-Nya. Ada sebuah caption di Instagram Erri yang begitu menggugah, seolah menghantarkan kepergiannya selepas dari Merapi.Puncak Merapi sudah kugapai, puncak langit memanggilku…dan kini aku berada disamping-Nya dgn tenang…”

Apabila di alam yang masih sangat liar, satu hal yang wajib kita lakukan adalah berhati-hati. Memperhatikan sekitar dan tidak melakukan hal-hal yang berbahayam serta tetap rendah hati karena manusia begitu kecil di antara alamnya. Selamat jalan Erri Yunanto, semoga tenang di sana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA