6 Alasan Kenapa AK 47 Jadi Senjata Andalan Teroris Dunia

oleh Rizal
14:00 PM on Jan 12, 2016

Setiap kali kita melihat video-video propaganda terorisme siapa pun dan di mana pun itu, mereka biasanya akan suka mengacung-acungkan senjata. Dan entah ini kebetulan atau tidak, namun yang jelas senjata yang mereka gunakan itu sama, yakni AK 47. Setelah ditelusuri, ternyata memang ada alasannya kenapa para teroris kelas wahid menggunakan senjata buatan seorang pria Rusia bernama Mikhail Kalashnikov ini.

Baca Juga: 5 Perahu Kuno Buatan Kerajaan Nusantara ini Pernah Digunakan Untuk Menjelajah Dunia

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

Ya, kalau dilihat dari sejarahnya, AK 47 ini memang senjata gila. Ia memiliki berbagai macam keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu senjata tertua yang tetap bertahan hingga hari ini. Bahkan AK 47 sendiri bisa dibilang menjadi senjata serbu yang paling banyak diproduksi. Awalnya, senjata ini hanya dipakai oleh Soviet. Namun, ketika negara besar itu pecah, senjata ini pun tersebar ke seluruh dunia dan dikembangkan di banyak negara.

Senjata ini mungkin sudah membunuh jutaan orang. Si pembuatnya sendiri pernah mengungkapkan penyesalannya karena telah menciptakan senjata kematian ini. “Kalau tahu begini jadinya, lebih baik aku buat mesin pemotong rumput saja,” begitu ungkap Mikhail. Terlepas dari semua sejarah dan penyesalan si empunya, inilah keunggulan AK 47 yang membuatnya jadi senjata andalan.

1. Murah

Tak dipungkiri banyak senjata hebat di luar sana, namun satu kekurangan mereka. Ya, harga per unitnya sangat mahal. Misalnya, MI6 yang harga per pucuknya bisa mencapai $673. Lalu bagaimana dengan AK 47? Ya, sudah jelas senjata ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Harga sebuah M16 bisa ditukar dengan 3-4 AK 47 [Image Source]
Harga sebuah M16 bisa ditukar dengan 3-4 AK 47 [Image Source]
Dengan harga yang sama seperti banderol M16, kita bisa mendapatkan sekitar 3-4 buah AK 47. Padahal soal kemampuan, kedua senjata ini tak terpaut jauh. Bahkan di pasar gelap, harga sepucuk AK 47 bisa lebih murah lagi. Harga yang murah ini juga jadi pertimbangan penting organisasi teroris untuk memakai AK 47 ini sebagai senjata utama.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA