7 Air Mancur Paling Spektakuler di Dunia

oleh Alfry
08:22 AM on Mar 11, 2015

Berbagai jenis air mancur dapat dijumpai di berbagai negara di dunia. Namun sudahkah Anda melihat air mancur merkuri dimana air yang keluar adalah air raksa atau air mancur yang dapat menyembur ke atas melebihi menara Eiffel? Banyak sekali air mancur yang didesain sedemikian rupa sehingga membuat decak kagum orang yang melihatnya.

Sudah sejak lama air mancur digunakan sebagai tambahan dekorasi luar ruangan yang berfungsi untuk mempercantik pemandangan. Dari berbagai air mancur yang ada di seluruh dunia, berikut ini 7 diantaranya yang paling spektakuler.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Air Mancur Air Raksa – Barcelona, Spanyol

Di Barcelona, Spanyol terdapat sebuah air mancur yang menyemburkan air yang tidak lazim. Apabila pada umumnya air mancur meyemburkan air tawar namun di kota ini air mancur tersebut menyemprotkan air raksa. Bahaya!

Miniatur air mancur ini dibuat oleh Alexander Calder untuk Pemerintah Spanyol. Uniknya air yang mengalir melalui air mancur ini bukanlah air biasa melainkan merkuri atau air keras yang berbahaya. Pembuatan air mancur tersebut ditujukan untuk mengenang pangepungan Almaden, salah satu tambang raksa terbesar di Spanyol pada waktu itu.

 Air Mancur Air Raksa (c) Listverse
Air Mancur Air Raksa (c) Listverse

Buah karya Calder tersebut pertama kali dipamerkan di Paris pada tahun 1937 dalam sebuah acara bertajuk Pameran Dunia sebelum kemudian dipindahkan ke Barcelona. Awalnya orang-orang bisa dengan bebas melihat air mancur air raksa ini dari dekat tanpa pengaman namun kini setelah tahu efek dari merkuri itu sangat berbahaya, pengelola membuat box kaca sebagai tempat air mancur tersebut.

2. Air Mancur Castle Square – Swansea, Wales

Jika dilihat dari desain arsitekturnya, air mancur ini tidak memiliki keistimewaan. Penampakannya terlihat biasa saja seperti lazimnya air mancur lain yang ada di dunia. Namun tunggu hingga datang hari St David yang dirayakan mulai tanggal 1-9 Maret.

Air Mancur Castle Square (c) Listverse
Air Mancur Castle Square (c) Listverse

Pada saat hari St. David atau orang Wales menyebutnya dengan hari St.Patrick, air mancur Castle Square akan menyemburkan air yang berwarna merah tua. Karena keunikan ini para warga menyebutnya dengan ir mancur darah. Air mancur Castle Square ini akan terus menyemburkan air berwarna merah selama perayaan hari St. David.

3. Air Mancur La Joute – Montreal, Kanada

Lain di Wales lain pula di Kanada. Negara ini juga memiliki air mancur yang spektakuer dimana akan ada pertunjukan api di tengah kolam. Air Mancur La Joute, dibuat oleh seorang seniman bernama Jean Paul Riopelle pada tahun 1969.

Air Mancur La Joute (c) Listverse
Air Mancur La Joute (c) Listverse

La Joute merupakan sebuah air mancur dengan desain patung yang berada di tengah kolam. Di dalam kolam juga terdapat beberapa patung yang diletakkan melingkari kolam. Air mancur ini akan menyuguhkan suatu atraksi yang menarik selama musim panas. Diawali dengan keluarnya asap kabut dari patung-patung itu hingga munculnya cincin api di tengah kolam. Atraksi ini akan berlangsung selama 32 menit.

4. Big Wild Goose Pagoda Music Fountain – Xian City, China

The Big Wild Goose Pagoda merupakan sebuah air mancur musikal terbesar di Asia yang dilengkapi dengan lampu bar terpanjang. Ada 22 jenis semprotan yang berbeda yang bisa membuat waterscape yang besar. Untuk mengeluarkan air maka di are tersebut terpasang 1.024 lubang yang berfungsi sebagai jalur keluarnya air. Namun tidak hanya air saja yang disemprotkan lubang tersebut, semprotan api juga menjadi salah satu pertunjukan di sana.

Air mancur ini menempati lahan seluas 15.000 meter persegi dan akan melakukan atraksinya saat musik dimainkan. Biasanya musik yang dipakai untuk mengiringi adalah musik simfoni Air Phantom of Tang. Saat pertunjukan dimulai, lubang-lubang itu akan mulai menyemburkan air ke udara.

Big Wild Goose Pagoda Music Fountain (c) Listverse
Big Wild Goose Pagoda Music Fountain (c) Listverse

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, model semburan airpun bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk seperti bunga teratai, lautan awan, burung terbang dan lain sebagainya, total ada 22 pola matriks yang bisa dibuat air mancur ini. Dalam atraksi tersebut sesekali juga akan disemburkan api yang membumbung setinggi 20 meter yang akan menarik perhatian traveler.

5. Air Mancur King Fahd – Pesisir Jeddah, Arab Saudi

Air Mancur King Fahd atau dikenal juga dengan air mancur Jeddah karena lokasinya berada di kota Jeddah, Arab Saudi. Air mancur ini diklaim sebagai yang tertinggi di dunia karena dengan tenaga jet, air akan disemburkan ke langit setinggi 853 meter.

Air mancur ini berada di pesisir Jeddah tepatnya ada di Laut Merah. Pembuatannya berdasarkan perintah Raja Fahd yang kemudian disumbangkan ke kota Jeddah, maka dari itu merujuk dari penggagasnya maka nama air mancur ini sama dengan Raja Fahd.

Air Mancur King Fahd (c) Listverse
Air Mancur King Fahd (c) Listverse

Saat pertunjukan air akan disemburkan ke angkasa dengan kecepatan mencapai 375 kilometer per jam. Karena letaknya berada di laut maka air yang digunakan untuk pertunjukan juga berasal dari air laut. Air mancur ini mulai beroperasi pada tahun 1985.

6. Air Mancur Kekayaan – Singapura

Pembangunannya menggunakan Feng Shui, air mancur kekayaan yang berada di Suntec City Mall, Singapura ini diciptakan sebagai jimat keberuntungan. Pada tahun 1998, air mancur ini pernah tercatat Guinness Book of Records sebagai air mancur terbesar di dunia.

Air Mancur Kekayaan (c) Listverse
Air Mancur Kekayaan (c) Listverse

Tak hanya desainnya yang unik atau rekornya yang dicatat dunia yang membuat air mancur ini banyak dikunjungi wisatawan. Adalah kepercayaan yang turun-temurun diyakini warga bahwa siapa saja yang menyentuh airnya dan membuat permohonan maka doa itu akan terkabul. Maka tak heran jika banyak kerumunan warga yang tidak pernah sepi mendatangi air mancur yang ada di dalam pusat perbelanjaan di Singapura ini.

7. Air Mancur Banpo Bridge – Sungai Han, Seoul, Korea Selatan

Banpo Bridge merupakan air mancur yang ada di sepanjang jembatan Banpo yang berada di Seoul, Korea Selatan. Jembatan ini berada di atas sungai Han dan membentang sepanjang 1.140 meter sehingga menjadikan air mancur yang ada di pinggir jembatan ini menjadi air mancur terpanjang di dunia.

 Air Mancur Banpo Bridge (c) Listverse
Air Mancur Banpo Bridge (c) Listverse

Air mancur diprogram untuk melakukan atraksi yang berbeda antara siang dan malam. Saat siang air mancur akan menunjukkan seratus konfigurasi yang berbeda yang seolah-oleh terlihat seperti lambaian daun pohon willow. Saat malam tiba, tambahan 200 lampu yang menerangi akan memberikan efek pelangi pada semburan air menjadikan suasana makin spektakuler.

Berkat kemajuan teknologi, manusia mampu menciptakan air mancur dengan berbagai macam atraksi air yang indah. Air mancur mana yang menjadi favoritmu?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA