Fakta Sangar ‘Air Force One’ Amerika yang Sistem Keamanannya Setara Gedung Putih

oleh Adi Nugroho
09:51 AM on Dec 29, 2016

Sebelum Barrack Obama turun tahta dan harus menyerahkan kursi presiden kepada Donald Trump. Amerika sedang memesan dua buah pesawat yang akan digunakan sebagai Air Force One. Sayangnya, presiden terpilih berencana membatalkan kapal spesial nan mahal yang menjadi simbol kebesaran Amerika saat berada di udara dan membawa presidennya keliling dunia.

Air Force One dikenal sangat tangguh di udara. Siapa saja yang sudah berada di dalamnya akan aman dan damai. Tidak ada pesawat musuh atau serangan dari bawah yang mampu menjatuhkan Air Force One. Keadaan yang sangar ini membuat keamanan dari pesawatnya Presiden Amerika ini setangguh gedung putih. Berikut fakta lain tentang Air Force One yang kuatnya enggak main-main.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Kecepatan yang Ugal-ugalan

Air Force One memiliki kecepatan yang sangat tinggi di udara. Saat berada pada kondisi terbaik, pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan mencapai 965 kilometer per jam. Dengan kecepatan ini, Presiden Amerika bisa melakukan perjalanan kenegaraannya dengan mudah, aman, dan nyaman.

Kecepatan yang Ugal-ugalan [image source]
Dalam penerbangannya, pesawat yang super nyaman ini selalu dikawal oleh F-16 yang merupakan pesawat tempur Amerika. Uniknya, dalam beberapa kali penerbangan, pilot F-16 selalu meminta pilot Air Force One untuk menurunkan kecepatan. Hal ini dilakukan agar F-16 tidak ketinggalan rombongan dan penjagaan tetap maksimal di udara.

2. Bisa Isi Bahan Bakar di Udara

Karena keadaan tertentu, pesawat Air Force One tidak bisa mendarat atau melakukan perjalanan yang lebih panjang. Akibatnya bahan bakar bisa kehabisan di udara dengan cepat. Habisnya bahan bakar bagi sebuah pesawat adalah bencana karena di atas langit tidak ada depa pengisian bahan bakar pesawat yang sangat besar itu.

Bisa Isi Bahan Bakar di Udara [image source]
Untuk mengatasi permasalahan pelik ini, Air Force One punya kemampuan untuk mengisi bahan bakar di udara. Saat bahan bakar dari Air Force One nyaris habis, pesawat bantuan akan datang. Pesawat dengan jenis sama ini akan menyalurkan bahan bakar secara cepat dengan sama-sama terbang di udara. Benar-benar canggih!

3. Fasilitas Makan dan Kesehatan yang Lengkap

Yang sangat dibutuhkan dari pesawat kepresidenan adalah kenyamanan yang ada di dalamnya. Air Force One yang dimiliki oleh Amerika memiliki hal itu dengan sangat baik. Setiap Air Force One memiliki dapur yang sangat besar dan mewah. Koki yang bekerja untuk memasak bisa menyajikan hingga 100 porsi termasuk presiden dan beberapa pejabat atau tamu yang ikut terbang dalam pesawat.

Fasilitas kesehatan [image source]
Selain fasilitas katering yang mengagumkan, pesawat milik Amerika ini juga memiliki apa yang namanya ruangan kesehatan. Ruangan ini dipersiapkan untuk presiden yang mungkin saja sakit atau mengalami gangguan pada tubuhnya. Ruang kesehatan yang ada di Air Air Force One bahkan mampu melakukan operasi dengan baik di udara.

4. Sistem Keamanan dan Telekomunikasi yang Juara

Karena Air Force One merupakan pesawat yang digunakan oleh Presiden Amerika. Tentu pengamanannya sangat hebat. Di luar pesawat tempur seperti F-16 mengawal dengan sangat gesit. Selanjutnya bodi dari pesawat ini juga susah sekali ditembus oleh peluru. Sistem keamanan dini juga dipasang di setiap tempat sehingga presiden bisa menjalankan aktivitasnya dengan baik.

Sistem Keamanan dan Telekomunikasi Juara [image source]
Selain sistem keamanan yang tidak bisa diragukan lagi kehebatannya. Sistem komunikasi di sini juga sangat cepat. Presiden dan para tamu bisa mengakses internet tanpa gangguan sama sekali. Lebih penting dari itu, di dalam pesawat yang sedang terbang, presiden bisa melakukan konferensi pers secara langsung kepada rakyatnya tanpa ada gangguan sama sekali.

Inilah beberapa fakta sangar dari Air Force One miliki Amerika. Dibalik ketangguhannya di udara, Air Force One adalah tempat paling nyaman bahkan sebanding dengan Gedung Putih yang dijadikan tempat Tinggal Presiden Amerika.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA