5 Pernyataan Ahmadinejad yang Bikin Telinga Negara Barat Panas

oleh Rizal
08:30 AM on Dec 9, 2015

Sosok Ahmadinejad pernah memukau publik Indonesia gara-gara foto kebersahajaannya yang luar biasa. Misalnya ketika ia pakai pakaian sobek saat dinas, naik mobil butut, sampai menggelar pernikahan anaknya dengan sangat sederhana. Padahal seperti yang kita tahu, ia adalah seorang presiden kala itu. Kita juga dibuat lebih hormat lagi ketika tahu sosok ini sangat anti dengan barat dan vokal menyuarakan ketidaksukaannya.

Ahmadinejad memang seringkali memberikan statement yang kontroversi terkait dengan kebijakan barat. Oleh karenanya, ia menjadi sangat dikecam. Bahkan Obama sendiri bisa dibilang geram dengan Ahmadinejad. Hal tersebut diungkapkan sang pemimpin Amerika itu dalam sebuah pidato. Terlepas dari segala kontroversi yang dibuatnya, Ahmadinejad adalah sosok yang dipuja setidaknya, oleh rakyat Iran.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Nah, berikut adalah beberapa pernyataan kontroversi yang pernah dilontarkan Ahmadinejad dan sukses bikin telinga orang-orang barat berasap kepanasan.

1. Sebut Amerika Terlibat dalam Tragedi 11 September

Peristiwa 11 September adalah salah satu tragedi kemanusiaan terbesar di era modern. Mengerikan memang membayangkan bagaimana sebuah pesawat sebesar itu menabrak salah satu gedung paling megah di Amerika itu. Pemerintah negeri Paman Sam kala itu menuduh Bin Laden CS sebagai biang keladinya. Nah, tentang peristiwa 11 September ini Ahmadinejad mengatakan jika Amerika adalah pihak yang terlibat di belakangnya.

Ahmadinejad mengatakan jika peristiwa 11 September ini adalah skenario buatan Amerika dengan tujuan tertentu [Image Source]
Ahmadinejad mengatakan jika peristiwa 11 September ini adalah skenario buatan Amerika dengan tujuan tertentu [Image Source]
Pada sebuah sidang terbuka PBB pada bulan September 2010 lalu, dengan gamblang Ahmadinejad mengatakan jika Amerika ada di balik tragedi ini. Pria 59 tahun ini secara tersirat mengatakan jika Amerika memang sengaja memancing teroris untuk berbuat demikian. Tujuannya sendiri adalah untuk memperkuat ekonomi mereka, mendukung zionis, serta menancapkan pengaruhnya di Timur Tengah.

Mendengar ini perwakilan Amerika dan Uni Eropa di sidang tersebut langsung mengajukan keberatan dengan melakukan walk out. Di akhir pidato, Ahmadinejad sempat mengatakan, “Mayoritas rakyat Amerika, juga banyak negara lain dan politisi sependapat dengan teori ini.”

2. Ahmadinejad Sebut Virus HIV Adalah Buatan Barat

Menyerang kekebalan tubuh manusia, HIV adalah salah satu virus paling mematikan yang pernah ada. Belum benar-benar ada obat yang bisa menghancurkan virus ini, membuat seseorang yang terkena virus tersebut akan kehilangan harapan untuk sembuh. Salah satu penyebab virus ini menurut para pakar adalah kebiasaan gonta ganti pasangan.

HIV juga dikatakan Ahmadinejad sebagai virus buatan barat dengan tujuan menguntungkan mereka [Image Source]
HIV juga dikatakan Ahmadinejad sebagai virus buatan barat dengan tujuan menguntungkan mereka [Image Source]
Ahmadinejad berpendapat jika eksistensi virus ini seperti disengaja dibuat. Ya, pelakunya tentu saja barat. Menurutnya, pihak barat mencoba untuk menciptakan virus ini agar pasar obat-obatan mereka lebih berkembang dan laku. Barat sengaja melakukan operasi terselubung untuk menyebarkan virus ini kepada negara tertentu agar mereka nantinya akan membeli obat-obatan dan treatment medis. Jika negara tersebut miskin, maka mereka tak punya pilihan lain selain hutang atau menjual asetnya. Ini yang diincar barat menurut Ahmadinejad.

Yang membuat semua ini masuk akal adalah banyak virus HIV di tengah orang-orang yang tidak berbuat amoral. Tentu saja ini aneh, menurut mantan presiden tersebut. Maka sudah jelas jika memang ada oknum di balik beredarnya virus mematikan ini, dan kita tahu siapa yang harus disalahkan, begitu kira-kira kesimpulan yang diberikan Ahmadinejad.

3. Israel Harus Dihapuskan dari Peta Dunia

Konfrontasi Irak dan Israel memang masih dalam tahap adu mulut saja, belum sampai roket nuklir berterbangan dan sebisa mungkin hal tersebut tidak terjadi. Iran memang sudah lama menunjukkan kebenciannya kepada Israel. Hal tersebut makin diperjelas negara Persia ini ketika Ahmadinejad menghadiri sidang umum PBB di New York tahun 2012 lalu.

Ahmadinejad mengatakan jika Israel suatu ketika akan hilang dari peta dunia [Image Source]
Ahmadinejad mengatakan jika Israel suatu ketika akan hilang dari peta dunia [Image Source]
Lagi-lagi tanpa tedeng alih-alih, Ahmadinejad langsung menembak poin pidatonya. Ia mengatakan jika Israel tidak punya akar yang kuat di Timur Tengah. Sehingga pada akhirnya negara tersebut akan lenyap. Menanggapi hal ini juru bicara Gedung Putih kala itu menyatakan ketidaksukaannya. Bahkan Dubes Israel untuk PBB bernama Ron Prosor pun langsung walk out.

Jauh sebelum kejadian ini, Ahmadinejad sempat mengatakan hal yang kurang lebih sama. Kala itu ia mendukung ucapan Ayatollah Khomeini yang menyamakan Israel seperti tumor, dan negara ini harus dihapuskan dari peta dunia.

4. “Presiden AS Harus Dikubur”

Usaha Iran memiliki nuklir mendapatkan pertentangan dari banyak pihak, terutama dari barat yakni Amerika. Bahkan negara ini berupaya kuat sampai memberikan opsi berupa serangan militer jika negara tetangga Irak itu nekat membangun instalasi nuklir. Menanggapi hal ini Ahmadinejad malah menantang dengan mengatakan presiden AS seharusnya dikubur.

Ahmadinejad mengatakan jika si presiden ini mending dikubur saja [Image Source]
Ahmadinejad mengatakan jika si presiden ini mending dikubur saja [Image Source]
Ketika itu sang mantan presiden mengatakan hal tersebut dalam sebuah acara televisi berbahasa Inggris. “Semoga penggali kubur menguburmu, mejamu dan tubuhmu, yang telah mengotori dunia,” begitu ucap Ahmadinejad. Pernyataan ini pun mendapatkan apresiasi luar biasa dari publik Iran.

5. Ahmadinejad Mengatakan Jika Holocaust Adalah Sebuah Kebohongan

Holocaust adalah salah satu bencana kemanusiaan paling mengerikan yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Seperti yang kita tahu, peristiwa memilukan yang diprakarsai Hitler ini menewaskan banyak sekali orang Yahudi. Pertanyaannya, apakah Holocaust memang asli dan bukan skenario saja? Ahmadinejad meyakini jika peristiwa besar ini memang hanya settingan belaka.

Holocaust menurut Ahmadinejad adalah kejadian bohong yang sengaja dibuat-buat demi tujuan tertentu [Image Source]
Holocaust menurut Ahmadinejad adalah kejadian bohong yang sengaja dibuat-buat demi tujuan tertentu [Image Source]
Dalam sebuah pidato yang disampaikannya di Universitas Teheran tahun 2009 lalu, Ahmadinejad mengatakan jika Holocaust sejatinya adalah rekaan agar zionis bisa mendirikan Israel. “Itu palsu, itu sebuah kebohongan yang berdasarkan klaim tanpa bukti dan dongeng,” begitu imbuh Ahmadinejad. Hal ini pun mendapatkan respon keras terutama dari Amerika yang mengatakan jika mereka akan makin mengisolasi Iran lebih serius lagi.

Terlepas dari kontroversi ucapannya atau kah kita pro dengan Ahmadinejad atau tidak, yang jelas satu pelajaran yang bisa kita ambil dari sosok satu ini. Ya, pria ini begitu vokal dengan apa yang menurutnya benar. Padahal risikonya besar, mengingat ia adalah orang penting. Yang bikin salut adalah, kecaman barat kepadanya yang berimbas kepada negara ternyata tak membuat penduduk Iran takut. Mereka malah justru membanggakan Ahmadinejad di mata dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA