Al-Jazari, Ahli Mekanika Muslim Perkenalkan Konsep Robot Pertama Kali

oleh Tetalogi
12:10 PM on Jan 11, 2016

Saat ini robot biasanya diasosiasikan dengan kemajuan teknologi di Jepang. Pasalnya, negeri sakura tersebut memang begitu rajin mengembangkan model-model robot terbaru yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Meski begitu, teknologi mekanis seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Konsep mekanis dan robot sebenarnya sudah dikenalkan ratusan tahun lalu oleh Al-Jazari, seorang ahli mekanis muslim yang hidup pada tahun 1136-1206.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

1. Cendekiawan Muslim yang Diakui Dunia

Al-Jazari adalah seorang cendekiawan muslim yang meraih kesuksesan dan ketenaran berkat buku mekanis terkenalnya, Al-Jami `bayn al-`ilm wa ‘l-`amal al-nafi `fi sina `at al-hiyal (Buku Pengetahuan Peralatan Mekanis). Buku ini telah menjadi karya inovatif dan menjadi awal dari sejarah perkembangan teknologi. Bagaimana tidak, saat itu Eropa masih berada pada abad pertengahan sementara Al-Jazari telah berhasil menciptakan dan membuat peralatan dengan konsep mekanis dan otomatis.

Al-Jazari [Image Source]
Al-Jazari [Image Source]
Lynn White yang merupakan seorang ahli sejarah mengemukakan bahwa roda gigi segmental pertama muncul di buku Al-Jazari. Sementara di Barat, benda ini baru muncul dalam karya jam astronomis Giovanno de Dondi pada tahun 1364 dan istilah mekanisnya baru menyebar oleh pengaruh ahli mekanis Siena, Francesco di Giorgio pada tahun 1501. Bahkan 800 tahun setelah ia meninggal dunia, sejarah ilmu pengetahuan modern begitu menghargai karya dan ide-idenya.

2. Bapak Ahli Mekanis Modern dan Bapak Teknologi Robotik

Hingga memasuki era modern, belum pernah ditemukan dokumen lain dari budaya lain yang membuat konsep-konsep dan peralatan mekanis seperti Al-Jazari. Buku yang ia tulis tidak hanya memberikan instruksi tertulis saja, tapi lengkap dengan ilustrasi yang mendetail tentang bagaimana membuat dan menjalankannya. Karena itulah bukunya bisa dipahami bahkan oleh kalangan yang tidak berbahasa Arab.

Robot penuang air cuci tangan dan robot untuk membantu wudhu.
Robot penuang air cuci tangan dan robot untuk membantu wudhu.

Ia bahkan juga mendesain beberapa peralatan mekanis dan hidrolik. Dari dua penemuan ini, ia kemudian mengembangkan desain mesin uap, dan mesin pembakaran internal yang menjadi cikal bakal mesin modern dengan kontrol otomatis. Dengan penemuan dasar mekanisnya ini, al-Jazari disebut sebagai “Bapak Ahli Mekanis Modern”. Tidak hanya tu saja, dengan penemuan robot humanoid paling awal yang ia ciptakan, ia juga disebut sebagai “Bapak Teknologi Robotik”.

3. Karya-karya Mekanis Al-Jazari

Dalam bukunya, ia menjelaskan 50 peralatan mekanis dalam 6 kategori yang berbeda. Semua alat Al-Jazari tersebut membutuhkan kemampuan mekanis dalam pembuatannya dan adanya sistem pengaturan yang sensitif. Banyak ide dari alat-alat ciptaannya ini ternyata bermanfaat dalam pengembangan teknologi di era selanjutnya.

Jam Gajah di pusat perbelanjaan Dubai [Image Source]
Jam Gajah di pusat perbelanjaan Dubai [Image Source]
Beberapa alat ciptaannya telah dibuat ulang seperti jam air yang ditampilkan dalam Festival World of Islam pada tahun 1976 dan jam gajah setinggi 8 meter yang dipajang di pusat perbelanjaan Dubai. Ia juga merupakan sosok penting dalam sejarah peralatan otomatis, robotik, dan teater musik otomatis.

Al-Jazari juga telah menciptakan kunci kombinasi. 3 buah kunci kombinasi yang dibuat di zaman yang sama dengan Al-Jazari kini disimpan di museum. Meski ketiga kunci tersebut lebih sederhana dari karya Al-Jazari, namun ketiganya mengikuti prinsip yang sama. Kunci-kunci tersebut kini disimpan di Kopenhagen, Boston, dan Belanda. Sementara itu, kunci kombinasi buatan Eropa yang pertama dibuat oleh Buttersworth pada tahun 1846 dan roda kunci ini ternyata juga sama dengan roda kunci yang dibuat Al-Jazari 500 tahun sebelumnya.

4. Peralatan Robotik Al-Jazari

Al-Jazari telah menciptakan beberapa peralatan otomatis dan bersifat robotik yang pertama. Ia berhasil menciptakan burung merak yang bergerak otomatis, dan juga gerbang otomatis. Kedua alat ini diciptakan dengan teknologi hidrolik.

Robot perahu [Image Source]
Robot perahu [Image Source]
Peralatan robotik Al-Jazari juga meliputi pelayan penyaji minuman, pelayan pengisi air cuci tangan, serta band musik robot. Mekanisme yang ia gunakan dalam robot untuk mengisi bak cuci tangan ini kini banyak digunakan dalam alat penyiram di toilet yang modern.

Saat ini teknologi robot memang boleh dikatakan berkembang pesat di Jepang, Amerika, atau negara modern lain. Namun, konsep tersebut tidak akan berkembang tanpa konsep-konsep mekanis dan robotik yang dikembangkan Al-Jazari pada 800 tahun yang lalu. Konsepnya memang masih sederhana dan memanfaatkan teknologi hidrolik, namun dari situlah berkembang ide-ide yang lebih luas tentang alat-alat otomatis yang banyak digunakan dan mepermudah kehidupan para masyarakat modern.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA