Apakah Islam Adalah Agama ‘Nggak Boleh Ini-Itu’?

oleh Norman Duarte
15:02 PM on Apr 30, 2015

Sebagai muslim kita sering sekali mendengar larangan tentang ini dan itu. Ke mall haram, makan di McD haram, pake baju model tertentu haram, nonton film Hollywood haram, dengan segala macam larangan lainnya yang terkadang membuat kita sebagai muslim menjadi sedikit bertanya-tanya.

Baca Juga : 5 Orang Yang Makin Terkenal Justru Setelah Meninggal

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Kenapa agama ini begitu banyak aturan? Mengapa begitu banyak larangan? Mengapa seolah-olah muslim begitu terkungkung dan tidak mencoba berbagai hal yang baru dan menarik? Banyak sekali penjelasan ulama tentang mengapa sesuatu itu diharamkan. Kebanyakan menjelaskan tentang manfaat dan mudharatnya yang dilihat dari segi ekonomi, segi kesehatan, segi sosial, dan dari segi lainnya.

Segala penjelasan ini mungkin sudah kita baca dan kita yakini kebenarannya. Tetapi saya tertarik untuk melihat dari sudut pandang berbeda. Saya merasa Islam justru adalah agama yang ‘memperbolehkan’ banyak hal, bahkan tingkat ‘kebolehannya’ hingga hampir 99%.

1. Makanan

Ambil contoh makanan haram seperti babi, bangkai, atau hewan pemangsa (seperti singa, harimau, dll). Ada berapa daging yang diharamkan oleh Islam? Kalau mau kita hitung dengan jujur dan seksama, mungkin daging yang dilarang untuk dimakan oleh Islam, jauh lebih sedikit ketimbang yang tidak boleh. Paling tidak, dari seluruh jumlah hewan yang boleh dimakan di dunia ini, persentase hewan yang tidak boleh dimakan oleh muslim tidaklah sampai 1% !

Daging Babi (c) wikipedia
Daging Babi (c) wikipedia

Begitu juga dengan minuman. Muslim hanya tidak boleh meminum alkohol. Bayangkan jika Allah SWT membolehkan meminum Alkohol tetapi melarang meminum susu atau madu, atau bahkan melarang air putih? Jumlah minuman yang boleh diminum umat muslim bahkan mencapai 99% dari aneka cairan yang dapat diminum manusia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA