Video 5 Aktor yang Berani Melakukan Adegan Berbahaya Tanpa Pemeran Pengganti

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 16, 2015

Seorang aktor memang dituntut untuk menghayati peran apapun yang diterimanya. Bahkan untuk peran-peran berbahaya pun, seorang aktor harus menjalaninya dengan penuh rasa tanggung jawab terhadap profesinya. Meski terlihat keren di layar lebar atau di televisi, sebenarnya beberapa aktor bertaruh nyawa untuk hasil sinematografi yang maksimal.

Mayoritas aktor biasanya memilih menggunakan pemeran pengganti untuk adegan yang berbahaya. Hal itu wajar dilakukan, karena jika terjadi apa-apa terhadap sang aktor, maka seluruh produksi film akan kacau. Namun, tetap ada lho aktor yang nekat melakukan banyak peran berbahaya tanpa pemeran pengganti alias stuntman. Berikut Boombastis sajikan beberapa aktor yang sering tampil tanpa stuntman dalam filmnya.

Baca Juga
4 Fakta Tersembunyi Taeyeon SNSD ini Pasti Bikin Fans Indonesia Makin Kagum
Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya

1. Tom Cruise

Ayah dari Suri Cruise ini memang sudah tidak lagi diragukan kemampuan aktingnya. Sejak seri ‘Mission Imosible’ dimulai, Cruise selalu membuat kita tercengang dengan aksi-aksinya yang menegangkan. Cruise bahkan menolak menggunakan special effect dari komputer yang memungkinkan untuk melakukan adegan berbahaya hasil rekayasa komputer.

Dalam film terbarunya yang akan rilis ‘Mision Impossible Rouge Nation’, Cruise melakukan aksi yang bisa membuat jantung copot. Dia bergelantungan di sebuah pintu pesawat yang sedang melaju kencang dan akan segera lepas landas. Para kru film menawarkan untuk menggunakan pemeran pengganti, namun Cruise menolak. Sang sutradarapun menyarankan agar adegan ini dilakukan sekali saja. Namun, untuk mencapai pengambilan gambar yang tepat, Cruise bersedia mengulang adegan ini sebanyak delapan kali.

2. Jackie Chan

Tidak ada yang bisa meragukan kemampuan Jackie Chan dalam memerankan film laga. Pria yang menjadi salah satu orang Asia paling terkenal di dunia ini memang sudah puluhan tahun merajai film-film bertema martial art. Tidak hanya jago di depan layar, Jackie adalah orang yang sukses melakukan aktingnya tanpa stuntman.

Tidak terhitung aksi gila yang dilakukan Jackie pada filmnya. Mulai dari melompati gedung tinggi, tersambar kobaran api, hingga adegan kecelakaan pesawat dia lakukan tanpa pemeran pengganti. Jackie sudah sering mengalami cedera, baik yang berat maupun yang ringan. Namun itu tidak menghentikan langkah sang master untuk tetap berkarya.

3. Angelina Jollie

Dalam ‘Salt’, sebuah film tentang mata-mata dari negara Rusia, Angelina Jollie melakukan hampir seluruh adegan berbahaya tanpa bantuan stuntman. Salah satu dari adegan itu bahkan membuat Angelina harus dirawat di rumah sakit setelah produksi film tersebut. Tidak hanya dalam film ‘Salt’, dalam film ‘Maleficent’, kekasih dari Brad Pitt inipun melakukan adegan berbahaya sendiri.

Dalam video di atas kita bisa melihat bahwa Jollie dengan santai duduk di atas sebuah truk yang sedang berjalan. Seorang stuntman telah disediakan untuk menggantikannya, namun Jollie menolak. Dia melakukan adegan bergantung di atas truk itu sendiri. Cantik, berani dan punya skill akting yang mumpuni. Angelina Jollie memang seorang wanita yang sempurna.

4. Harrison Ford

Sepanjang seri film Indiana Jones ditayangkan, Harison Ford melakukan semua adegan berbahaya tanpa pemeran pembantu. Di film ‘Star Wars’, Ford pernah mengalami patah lengan karena terjatuh dari set. Dia juga pernah mengalami kecelakaan pesawat, ketika pesawat yang dia kendalikan tergelincir di lapangan golf.

Banyak sekali kecelakaan, terutama yang berhubungan dengan pesawat yang melukai Ford. Namun, tidak satupun dari bencana itu membuatnya kapok. Menurut Ford, akting dan penerbangan adalah passion yang tidak bisa dia tinggalkan.

5. Jason Statham

Di era yang serba canggih ini, membuat adegan berbahaya yang ditambah efek spesial dari komputer tentu sangat mudah. Terlebih untuk orang-orang yang berkerja di film produksi Hollywood. Namun, Jason Sthatam tampaknya tidak setuju. Dia tetap ingin melakukan adegan action secara nyata.

Dalam adegan video di atas kita bisa melihat bahwa para kru telah menawarkan agar stuntman membawa truk tua dalam film ‘Expendable 3’. Namun, Jason menolak dan mengatakan bahwa dia ingin melakukan sesuatu yang membuatnya bangga dengan film yang dibintanginya. Dia pun mengendarai truk itu dan truk tersebut tergelincir hingga menabrak pembatas dan jatuh bebas ke laut. Untungnya, Statham dan aktor lainnya tidak terluka dalam insiden ini.

Semua profesi memang butuh totalitas. Dan video-video di atas merupakan bukti nyata dari totalitas para aktor. Mungkin kita sering iri dengan gaya hidup gemerlap mereka, namun totalitas yang mereka berikan juga sepadan dengan penghasilan mereka.

Di antara aktor di atas, siapa yang melakukan stunt paling keren? Dan kapan, ya, Indonesia memiliki aktor yang bisa melakukan adegan keren tanpa bantuan stuntman? Mari kita tunggu karya anak bangsa berikutnya. (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA