in

Mengenal Abdulrahman Saleh, Pahlawan Nasional Indonesia yang Ahli dalam Bidang Kedokteran, Penerbangan, dan Radio

Akhir Hayat dan Perjuangan Untuk Indonesia

Abdulrahman Saleh yang sangat hebat dalam bidang penerbangan dan juga kedokteran tidak memiliki umur yang panjang. Di usianya yang baru 38 tahun, beliau meninggal dunia saat mengendalikan pesawat dari Singapura menuju Indonesia. Pesawat yang membawa obat-obatan dari Palang Merah ditembak oleh dua pesawat P-40 Kitty-Hawak miliki Belanda.

Bandara Abdulrahaman Saleh [image source]
Bandara Abdulrahaman Saleh [image source]
Sebenarnya pesawat yang dikendalikan oleh Abdulrahman Saleh sudah memiliki izin terbang. Namun, entah kenapa pesawat itu jadi diserang hingga terbelah jadi dua. Peristiwa heroik yang membuat Abdulrahman Saleh meninggal ini diperingati oleh TNI AU sebagai Hari Bakti.

Jasa-jasa dari Abdulrahman Saleh akhirnya diabadikan dalam nama sebuah bandara. Ya, bandara Abdulrahman Saleh di Malang mengambil nama dari pahlawan nasional kita ini. Terakhir, saat masih hidup Abdulrahman Saleh sering dipanggil dengan nama Karbol. Nama ini akhirnya digunakan untuk menyebut para taruna AAU sebagai penghormatan besar pada Abdulrahman Saleh.

BACA JUGA: 4 Fakta Menakjubkan dari Satelit Militer Pengintai Indonesia yang Siap Mengudara

Demikianlah kisah hidup dari pahlawan nasional kita yang bernama Abdulrahman Saleh. Bagaimana, sudah tahu lebih banyak tentang pahlawan yang tak hanya hebat tapi juga pandai ini, kan?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Fakta Menarik tentang ‘Pribumi’ Asli Indonesia Ini Tak Banyak Diketahui Orang

5 Fakta Perbudakan Paling Mengerikan di Zaman Romawi Kuno Ini Bisa Membuatmu Mengelus Dada