Mengenal Abdulrahman Saleh, Pahlawan Nasional Indonesia yang Ahli dalam Bidang Kedokteran, Penerbangan, dan Radio

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jul 8, 2016

Tak banyak yang mengenal siapakah itu Abdulrahman Saleh yang merupakan pahlawan nasional Indonesia sejak tahun 1974. Selama ini kita hanya tahu bahwa nama Abdulrahman Saleh hanyalah nama sebuah bandara di Malang, Jawa Timur. Selebihnya kita tidak pernah tahu siapakah gerangan beliau yang sangat dihormati oleh TNI AU.

Abdulrahman Saleh adalah seorang terpelajar yang menguasai banyak hal. Seperti yang telah disebutkan dalam judul, beliau ahli dalam penerbangan, pangkat terakhirnya adalah Komandan Pangkalan Udara di Madiun. Selanjutnya beliau juga ahli dalam bidang Radio dan juga kedokteran. Berikut kisah selengkapnya tentang Abdulrahman Saleh.

Baca Juga
Meski Anaknya Seorang Polisi, Kakek Ini Memilih Tetap Bekerja Gotong 5 Bale untuk Dijual Setiap Hari
Mengenang Bastian Tito, ‘Dalang’ di Balik Wiro Sableng yang Melegenda

Generasi Pemuda Terpelajar Indonesia

Abdulrahman Saleh lahir dari keluarga yang cuku beruntung. Meski bukan terlahir dari keluarga yang kaya raya, beliau mendapatkan semua pendidikan dasar hingga tinggi secara sempurna. Sejak kecil, Abdulrahman Saleh duha bersekolah di HIS atau sekolah rakyat berbahasa Belanda setingkat SD. Setelah lulus dari sini, beliau melanjutkan sekolah ke MULO yang setingkat SMP, dan AMS yang setingkat SMA.

Abdulrahman Saleh [image source]
Abdulrahman Saleh [image source]
Setelah pendidikan dasarnya rampung, Abdulrahman Saleh melanjutkan studi ke STOVIA. Beberapa tahun mendapatkan pendidikan di STOVIA, beliau pindah ke GHS lantaran STOVIA dibubarkan. Di GHS, Abdulrahman Saleh mempelajari ilmu bidang kesehatan dan kedokteran yang membuatnya jadi salah satu dokter terbaik di Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA