8 Pantangan Saat Imlek Tiba

oleh venny
12:50 PM on Feb 19, 2015

Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina memang selalu kental dengan tradisi bahkan mitos tentang berbagai hal dan cerita-cerita yang sudah ada sejak dulu. Dan tentu saja tak terlepas dari adanya pantangan-pantangan.

Berikut 8 pantangan saat Imlek yang dirangkum dari pelbagai sumber :

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Imlek identik dengan nuansa merah
Imlek identik dengan nuansa merah

1.       Tidak Boleh menyapu lantai saat Imlek, karena jika melakukannya diyakini keberuntungan Imlek di tahun itu akan ikut menghilang. Maka itu, setiap rumah harus dibersihkan sebelum tahun baru datang karena jika rumah kotor saat tahun baru diyakini keburukan akan tetap menetap, setelahnya alat-alat kebersihanpun harus disingkirkan sebelum malam tahun baru agar keberuntungan tak ikut hilang.

2.       Tidak boleh menangis. Menangis pada malam tahun baru bisa membawa efek buruk karena diyakini menimbulkan kesialan dan akan membuat orang yang menangis akan sering menangis sepanjang tahun.

3.       Hindari cuci rambut saat Tahun Baru Cina tiba. Melakukan hal ini bermakna mengusir keberuntungan setahun ke depan. Daripada melakukan hal ini, dianjurkan memakai baju warna merah, karena warna merah menandakan kebahagiaan, keceriaan dan memberikan keyakinan datangnya masa depan yang cerah.

4.       Jangan berada di kamar tidur. Sst.. jangan pula mengucapkan selamat tahun baru Imlek di kamar tidur, hal ini diyakini juga dapat membawa kesialan selama satu tahun ke depan. Maka itu, bagi orang-orang yang sedang sakit, sebaiknya tetap berada di ruang keluarga, berpakaian rapi dan berkumpul bersama keluarga.

5.       Tak boleh berhubungan dengan benda-benda tajam. Benda tajam diyakini sebagai pembawa roh jahat pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Benda tajam juga dipercaya dapat memotong keberuntungan, jadi sebaiknya semua benda tajam seperti pisau dan gunting di”sembunyikan” sehari sebelum perayaan tahun baru.

6.       Ssst… jangan berkata kasar dan jangan berkisah tentang hantu. Menurut kepercayaan Cina, apa yang terjadi pada malam tahun baru akan menggambarkan apa yang kelak terjadi sepanjang tahun. Kata-kata kasar atau kotor bermakna buruk dan kesialan. Sedang kisah hantu dikaitkan dengan kematian, jadi jangan coba-coba menceritakan mereka di malam tahun baru apalagi dengan kat-kata kotor.

7.       Jangan membiarkan memiliki hutang sampai tahun baru tiba. Maka, jangan tunda lunasi hutang-hutang sebelum Imlek tiba. Karena jika hutang mereka belum lunas, dipercaya akan selalu terbebani hutan. Dan jangan pula meminjamkan uang pada orang, jika dilanggar dimungkinkan orang tersebut akan selalu dipinjami uang oleh orang lain di tahun itu.

8.       Hindari “Empat” karena kata empat mengandung makna negatif jika dalam bahasa Cina terdengar seperti kata “mati”. Ada baiknya banyaklah berhubungan dan mengucap kata “delapan” karena ini bermakna keberuntungan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA