7 Festival Gila dari seluruh Dunia Yang Akan Membuatmu Kaget

oleh Febri
11:09 AM on Apr 28, 2015

Jika perayaan yang telah Anda saksikan hanya berupa festival kembang api yang dipenuhi pertunjukan tarian dan musik. Maka, Anda perlu mengunjungi negara­-negara berikut ini. Beberapa tempat ini memiliki cara merayakan hari­-hari tertentu dengan balutan tradisi yang unik dan aneh. Bahkan ada festival yang bisa menyebabkan bencana bagi Anda, Jika nekat mengikutinya. Seperti apakah festival­festival gila tersebut ? berikut ini adalah ulasannya.

1. Pertarungan Api Agni Keli

Yang unik dari Agni keli adalah festival yang bisa di bilang berbahaya, karena menggunakan benda­benda seperti daun pohon palem yang di bakar kemudian di lemparkan kepada orang lain yang ikut serta dalam festival ini. Seakan­akan ada dalam medan pertarungan yang berapi.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Perayaan ini dilakukan dalam pelataran sebuah kuil yang terletak di Mangalore, India. Umat hindu mengungkapkan bahwa, festival ini dilaksanakan untuk meredakan kemarahan dari Dewi Durga, salah satu dewi kepercayaan Umat Hindu. Tradisi ini sudah dilakukan selama berabad-­abad, dan menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi pengunjung kuil.

2. Festival Melempar Bayi

Sebuah festival atau upacara untuk bayi pada umumnya dilaksanakan untuk mengharap keberkahan dan keberuntungan. Namun, jika bayi tersebut harus di lempar dari ketinggian, apakah masih bisa disebut beruntung?

Tapi Jangan khawatir, bayi-­bayi tersebut tidak akan mengalami cidera sedikitpun. Karena di bawah telah di siapkan sebuah kain untuk menangkap bayi tersebut. Ritual ini dilakukan oleh masyarakat India dengan keyakinan bahwa, bayinya akan diberi kesalamatan dan kesehatan setelah di lempar dari ketinggian.

3. Festival La Tomatina

Jika Anda adalah penikmat tomat maka kunjungan ke Negara Spanyol tak boleh dilewatkan. Karena, negara ini mengadakan sebuah perayaan bertemakan buah tomat yang diberi nama Festival la Tomatina selama bulan Agustus.

Festival ini sebenarnya merupakan lomba makan Tomat yang diadakan secara besar-besaran di Alun­Alun Kota Spanyol. Tapi kegilaan di antara pesertanya malah membuat acara ini menjadi ajang pertarungan dengan saling melempar buah tomat hingga tubuh menjadi merah berlumuran tomat. Festival unik ini pun mampu menghabiskan lebih dari 150.000 buah tomat, jumlah yang cukup untuk membuat lautan jus tomat bukan?

4. Festival Keju Menggelinding

Ini bukanlah festival penuh dengan keju untuk disantap. Memang nama festival ini adalah festival keju, tapi bukan untuk di makan melainkan di gunakan sebagai bahan perlombaan. Sebuah potongan keju berbentuk lingkaran akan di lemparkan menuruni sebuah bukit terjal, dan tugas dari peserta adalah mengejar keju tersebut. Yang pertama mendapatkannya atau yang sampai di kaki bukit terlebih dahulu maka Ia menjadi pemenangnya.

Karena kecuraman dari bukit yang digunakan sebagai arena, maka tidak jarang para peserta malah mengalami kecelakaan dan cidera. Kebanyakan dari mereka terjatuh saat mencoba mengejar keju yang menggelinding tersebut. Acara ini sebenarnya merupakan sebuah acara tradisional yang dilakukan penduduk desa-­desa kecil di Inggris. Tapi akhir­akhir ini festival ini semakin populer, hingga menjadi acara tahunan yang sayang untuk dilewatkan.

5. Festival Banteng Berlari

Spanyol memang gudangnya festival, bahkan festival berbahaya dengan berlari bersama banteng ganas bertandukpun ada di negara ini, Tepatnya di kota Pamplona. Keramaian festival ini pun akan mulai terasa di siang hari. Dibuka dengan peluncuran Roket yang biasa disebut Chupinazo. Masyarakat yang ikut serta dalam festival ini pun identik mengenakan pakaian berwarna putih dan syal merah.

Puncak dari festival ini adalah dilepaskannya banteng-­banteng berukuran besar yang siap menyeruduk apapun yang menghalangi jalannya. Banyak dari peserta yang malah terkena serudukan dari banteng. Hal ini tidak membuat para pengunjung ketakutan, malahan semakin antusias mengikuti festival sampai selesai. pihak yang berwajib setempat, mengungkapkan sedikitnya ada 300 lebih kasus cidera akibat festival ini tercatat setiap tahunnya.

6. Festival Holi yang penuh Warna

Sebuah festival penuh warna dan keceriaan akan Anda Temukan di India. Festival ini dikenal dengan sebutan Festival Holi. Perayaan besar-­besaran bagi umat hindu untuk menyambut musim semi, juga untuk menghormati Dewa Krisna.

Itu berarti keceriaan ini biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Febuarai atau awal bulan Maret. Festival ini dilakukan dengan cara melemparkan serbuk berwana­-warni. Tidak hanya itu, pistol air berwarnapun akan siap menembaki baju­-baju Anda, hingga seperti pelangi.

7. Festival San Juan De La Vega

Ini merupakan festival yang benar­-benar berbahaya. Bagaimana tidak, perayaan yang seharusnya berisi acara yang menyenangkan malah menggunakan bahan pledak yang akan meledak setelah dipukul dengan sebuah palu besar.

Di Meksiko festival ini dilaksanakan setiap bulan Februari untuk menghormati sang pelindung kota, Saint Juanito. Setiap kali festival ini dilaksanakan, ada sedikitnya lebih dari 50 korban yang cidera.

Itulah beberapa festival yang dilaksanakan diberbagai negara di dunia ini. Memang, tujuan dari mengikuti perayaan ­perayaan tersebut adalah memperoleh kegembiraan. Tapi, jika itu malah membahayakan diri, maka sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk ikut serta dalam festival tersebut.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA