6 Lukisan ini Jadi Bukti Hitler Bukan Cuma Diktator Tapi Juga Seniman Hebat

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 16, 2016

Diktator kejam, pembantai Yahudi, pencetus perang, adalah sedikit dari banyaknya julukan yang disematkan kepada sosok satu ini. Memang tidak salah karena apa yang terjadi nyatanya seperti itu. Sang pimpinan Nazi terbukti sebagai pelaku banyaknya kejahatan di masa lalu. Tapi, ada pepatah yang mengatakan sejahat-jahatnya orang, dia masih punya sisi lain yang halus. Percaya atau tidak, ternyata Hitler memang seperti itu.

Dikenal kejam dan bengis luar biasa, siapa sangka jika Hitler punya sisi lembut. Ya, ternyata di balik kegilaannya, sang diktator sangat pandai mengayun-ayunkan kuas serta berimajinasi dengan obyek dan warna, atau bahasa singkatnya melukis. Terdengar konyol ya diktator kejam kok melukis, namun Hitler sendiri sangat hebat dalam hal ini. Tercatat sudah banyak lukisan yang dihasilkannya dan rata-rata punya cita rasa seni tinggi.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Berikut adalah beberapa lukisan Hilter yang melegenda. Beberapa pernah dilelang dengan harga yang cukup fantastis.

1. The Courtyard of the Old Residency in Munich

Lukisan ini mungkin terlihat biasa, tapi lihat sendiri ia dikerjakan dengan cukup detail. Bayangan gedung, pepohonan, serta detail-detail lain dikerjakan dengan cukup bagus.

The Courtyard of the Old Residency in Munich [Image Source]
The Courtyard of the Old Residency in Munich [Image Source]
Sebagai pelukis muda, karya ini bisa dibilang oke. Bahkan ini adalah awal yang bagus untuk memulai karir sebagai pelukis profesional. Sayangnya, Hitler memilih jalan lain. Seni ditinggalkannya, dan kemudian ia memilih untuk menjadi penguasa kejam.

2. Oedensplatz

Lukisan ini menggambarkan suasana perkotaan yang tenang dan nyaman. Meskipun detailnya mungkin agak kasar, namun sense of art-nya dapat. Lukisan ini sendiri dibuat tahun 1914 dan jadi salah satu yang dicari orang-orang sekarang.

Oedensplatz [Image Source]
Oedensplatz [Image Source]
Oedensplatz ini adalah imajinasi Hitler akan tempat yang nyaman dan tentram. Sayangnya, apa yang diciptakannya di masa depan justru berkebalikan. Perang, Holocaust, sampai membuat Jerman tak karuan rupanya.

3. Colored House

Menurut para pakar, lukisan ini dibuat antara tahun 1907-1912, atau tepatnya ketika Hitler mengadu nasib ke Vienna. Di katakan di masa itu Hitler tengah jatuh bangun menjadi seorang pelukis.

Colored House [Image Source]
Colored House [Image Source]
Vienna adalah kota yang bagus untuk seni sayangnya Hilter tidak pernah bisa sukses di sini. Namun di sinilah skill melukis Hitler bertumbuh. Meskipun begitu di Vienna hidupnya sangat prihatin. Ia pernah menjual kartu post untuk makan, bahkan sesekali tinggal di penampungan tuna wisma.

4. Musician by Old Town Well

Tercatat sebanyak dua kali Hitler ditolak di Academy of Fine Art Vienna. Pertama di tahun 1907 dan 1908. Alasannya sudah jelas karena hasil karyanya belum benar-benar keren. Salah satu lukisan berjudul Musician by Old Town Well ini diperkirakan salah satu karya Hitler yang ditolak ketika itu.

Musician by Old Town Well [Image Source]
Musician by Old Town Well [Image Source]
Lukisan ini juga sering dikatakan sebagai representasi kota idaman Hitler yang nyaman, tentram, musik di mana-mana. Sayangnya, cita-cita yang bagus itu pada akhirnya tak pernah terwujud baginya. Ya, hanya kehancuran dan kengerian yang justru diciptakannya.

5. Rolling Hills

Lukisan ini bagi kita mungkin hanya padang rumput tidak jelas dengan detail yang pas-pasan. Namun, bagi empunya alias Hitler, Rolling Hills punya arti yang lebih. Lukisan padang rumput yang luas secara tersirat mengartikan kalau si empunya sangat menginginkan ketenangan.

Rolling Hills [Image Source]
Rolling Hills [Image Source]
Lukisan ini konon juga dibuat di Vienna, di masa ketika Hitler cukup terpuruk. Namun, terlepas dari karir lukisnya, Vienna adalah titik balik baginya. Di sini Hitler menemukan hal-hal fundamental dalam pergerakan Nazi-nya. Salah satunya adalah pesan anti semitik yang digelontorkan tokoh-tokoh Vienna kala itu.

6. Large Colored Pansies

Kombinasi Hitler dan bunga mungkin adalah hal yang sama sekali tidak pernah kita bayangkan. Ibarat sisi mata uang, keduanya saling bertolak belakang kesannya. Hitler begitu gelap karena sifatnya, sedangkan bunga adalah representasi untuk keindahan dan semacamnya. Namun, sekali dalam hidupnya Hitler pernah berhubungan dengan bebungaan.

Large Colored Pansies [Image Source]
Large Colored Pansies [Image Source]
Ya, apalagi kalau bukan lukisannya yang berjudul Large Colored Pansies? Lukisan ini jadi salah satu karya penting Hitler. Bukan karena bagus, tapi ini jadi bukti jika Hitler juga punya sifat-sifat yang halus.

Siapa sangka ya kalau tokoh sekeji Hitler ternyata mampu melakukan hal-hal yang sama sekali tak terbayangkan seperti di atas. Melukis dan menjadi diktator, sungguh dua hal yang saling bertolak belakang. Sebenarnya masih ada beberapa lagi lukisan Hitler yang pernah dibuat. Namun yang di atas itu adalah karya paling terkenalnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA