5 Peristiwa Mencekam di Belahan Dunia Lain yang Berbarengan dengan Penembakan di Paris

oleh Tetalogi
13:49 PM on Nov 14, 2015

Hari Jumat, 13 November waktu setempat, terjadi sebuah kejadian yang mencekam di Paris. Terjadi sebuah peristiwa penyerangan di beberapa tempat di Paris yang menewaskan ratusan orang.

Kejadian yang mengerikan ini mengejutkan berbagai pihak di berbagai belahan dunia. Namun ternyata peristiwa mencekam tidak terjadi di negara ini saja, tapi juga beberapa negara lainnya di hari yang sama.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Penembakan di Paris

13 November, terjadi 7 insiden penembakan dan bom bunuh diri di Paris yang diduga sebagai serangan yang terkoordinasi. Serangan pertama terjadi di dua restoran, Le Petit Cambodge dan Le Carillon yang ada di Rue Bichat. Serangan selanjutnya terjadi di Boulevard Beaumarchais, Rue de Charonne, Avenue de Le Republique, dan Boulevard Voltaire.

Salah satu lokasi penembakan di Paris [Image Source]
Salah satu lokasi penembakan di Paris [Image Source]
Setidaknya, 140 orang tewas dalam penembakan dan pengeboman yang terjadi dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka. Hingga saat ini, belum diketahui siapa pelaku penyerangan di Paris ini. Pasukan khusus dan unit darurat segera menuju lokasi kejadian. Sebanyak 1.500 tentara juga diturunkan untuk berpatroli dan menjaga keamanan. Presiden Perancis, Hollande menyatakan Keadaan Darurat di seluruh Perancis, dan memperketat perbatasan.

2. Pengeboman di Baghdad

Masih di hari yang sama, Baghdad juga dikejutkan dengan aksi mencekam yang serupa. Bom bunuh diri meledak di sebuah acara pemakaman tentara Muslim Shi’ite yang pro-pemerintah di Baghdad. Pengeboman yang terjadi di dalam masjid Al-Ashara al-Mubashareen di area Amil itu menewaskan setidaknya 18 orang dan 41 orang lainnya mengalami luka-luka.

Pengeboman di Baghdad ini bukan yang pertama kalinya [Image Source]
Pengeboman di Baghdad ini bukan yang pertama kalinya [Image Source]
Kelompok Islamic State atau IS mengaku bahwa pengeboman tersebut dilakukan oleh salah satu militan mereka. Di area lain di kota Sadr, utara Baghdad, 2 buah bom juga meledak di dekat tempat ibadah Shi’ite lainnya. Pengeboman ini menewaskan 2 orang dan melukai 9 orang lainnya.

3. Bom Bunuh Diri di Beirut

Hari nasional untuk berkabung dilaksanakan pada Jumat kemarin setelah dua bom bunuh diri meledak dan menewaskan 43 orang dan melukai 200 orang lainnya. Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL) mengaku pihaknya adalah dalang di balik penyerangan ini.

Lokasi Pengeboman di Beirut [Image Source]
Lokasi Pengeboman di Beirut [Image Source]
Peristiwa ini terjadidi area Burj el-Barajneh, di jalan yang mengarah ke bandara Beirut. Burj el-Barajneh yang merupakan lokasi komersial dan tempat tinggal terkenal mengalami kerusakan parah akibat dua ledakan yang terjadi. Pengeboman ini terjadi saat jam ramai ketika banyak keluarga berkumpul di lokasi tersebut sepulang kerja. Salah satu pelaku bom bunuh diri lainnya meledakkan diri di depan gerbang sebuah sekolah.

4. Gempa Bumi di Jepang

Gempa berkekuatan 7 SR mengguncang Jepang di hari yang sama. Titik episentrum gempa terjadi 160 km di barat Makurazaki, Prefectur Kagoshima. Meskipun tidak ada kerusakan parah, namun dilaporkan terjadi tsunami kecil yang terjadi di setidaknya 2 pulau.

Lokasi gempa bumi di Jepang [Image Source]
Lokasi gempa bumi di Jepang [Image Source]
Penduduk setempat yang tinggal di daerah dengan ketinggian reandah dianjurkan untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Meski tsunami yang terjadi termasuk kecil, pemerintah mengatakan bahwa tsunami yang lebih besar masih mungkin terjadi dan meminta warga berhati-hati hingga setidaknya 1 jam setelah gempa.

5. Gempa Bumi di Meksiko

Sementara itu masih di hari yang sama, Meksiko juga mengalami bencana gempa bumi. Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, gempa bumi yang melanda Meksiko mencapai 4,3 SR.

Lokasi gempa bumi di Mexico [Image Source]
Lokasi gempa bumi di Mexico [Image Source]
Gempa ini terjadi di Baja California pada pukul 9:17 pagi lalu. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau cidera yang terjadi.

Dengan berbagai bencana dan kejadian mencekam yang terjadi, bisa dikatakan Jumat, 13 November kemarin adalah hari paling mencekam dalam era modern ini. Tanggal 13 hari Jumat selalu dikaitkan dengan kesialan. Meski banyak yang tidak percaya, namun untuk kali ini Jumat tanggal 13 November sepertinya benar-benar waktu yang tragis dan mencekam. Mari kita bersama berdoa untuk semua umat manusia di dunia, semoga para korban beserta keluarga diberi ketabahan. Dan semoga peperangan dan aksi terorisme segera berakhir agar kita semua bisa hidup dalam damai.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA