5 Orang Paling Terkenal Yang Sebenarnya Tidak Pernah Ada

oleh wahyu
10:59 AM on Dec 11, 2014

Seseorang bisa jadi populer karena karya atau jalan hidupnya yang menginspirasi banyak orang. Selain itu, ketenaran juga bisa datang dari sensasi dan kontroversi. Namun, ketenaran seperti itu biasanya tidak akan bertahan lama. Jika tidak diimbangi dengan karya nyata, nama seseorang akan cepat terhapus dari ingatan masyarakat.

Namun beda dengan lima orang berikut ini. Mereka sangat terkenal hingga penjuru dunia dan memiliki banyak fans loyal. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya, lima orang ini tidaklah nyata. Mereka hanya tokoh rekaan yang dilakukan demi pemenuhan kebutuhan kreatif. Silahkan lihat daftar berikut, siapa tahu ternyata artis idola anda bukanlah manusia nyata.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Paman Sam – Tokoh Rekaan Berawal Dari Tukang Daging

Membicarakan negara adidaya Amerika, anda akan selalu mendengar ungkapan “Negara Paman Sam”. Dalam bahasa Inggris, ungkapan tersebut diartikan dengan “Uncle Sam”. Siapakah seberarnya Uncle Sam? Mengapa seolah-olah dia adalah orang yang selalu dikait-kaitkan dengan Amerika Serikat?

Banyak orang yang mengira bahwa Paman Sam adalah salah satu orang yang ikut membangun negara Amerika Serikat. Ternyata dugaan itu salah. Pada zaman Perang Dunia pertama, seorang tukang daging selalu mengirim pasokan untuk sebuah negara yang diberi label “U.S” kependekan dari “United States”.

Namun si penjual daging tersebut tidak mengetahui arti sebenarnya, dan menganggap “U.S” adalah kependekan dari “Uncle Sam”. Hingga saat ini, orang memakai akronim tersebut. Jika hari ini anda sering melihat foto wajah Paman Sam seperti yang banyak digunakan di internet,itu hanyalah tokoh rekaan semata.

2. Jack Dawson, Pria yang menjadi tokoh utama film Titanic

Anda tentu kenal dengan sosok Jack Dawson dalam film Titanic. Dalam film blockbuster tersebut digambarkan bahwa Jack adalah seniman jalanan yang beruntung bisa naik kapal Titanic. Titanic pada saat itu penuh dengan orang-orang kelas atas dan disanalah Jack bertemu dengan Rose.

Banyak orang mengira bahwa Jack dan segala kisah hidupnya adalah kisah nyata yang diangkat ke layar lebar. Namun, ternyata sang penulis skenario film ini mengaku hanya mengarang-ngarang nama saja. Memang, dalam daftar korban kecelakaan Titanic ada seseorang bernama J. Dawson, namun tidak pernah terungkap kepanjangan dari inisial “J” tersebut. Mungkin Joseph, Joshua atah John. Yang jelas, tokoh urakan dan romantis yang kita bayang-bayangkan tersebut tidak pernah hidup di dunia nyata.

3. The Gorrilaz

Band asal Inggris ini mempunyai jutaan penggemar di seluruh dunia. Musik mereka terbilang bagus dan sering merajai chart tangga lagu di seluruh dunia. Namun, tidak ada satupun orang yang pernah melihat wajah asli dari seluruh anggota band ini. Karena Gorrilaz memang hanya selalu menampilkan band dalam bentuk animasi.

Banyak orang mengira bahwa semua anggota band Gorrilaz memang nyata, namun tidak ingin menunjukkan wajah mereka di depan publik. Namun hal itu salah. The Gorrilaz dan seluruh anggota bandnya adalah rekaan seorang musisi Inggris bernama Damon Albarn dan seorang animator bernama Jamie Hewlett. Mereka berdua menuangkan kreativitas mereka, berkolaborasi dan jadilah The Gorrilaz. Jadi, kalau anda jatuh cinta pada 2D sang vokalis, Murdoc Niccals sang bassis atau Noodle si gitaris, siap-siap patah hati karena mereka tidak pernah nyata.

4. Hatsune Miku

Lagu-lagu Hatsune Miku dirilis oleh perusahaan musik Jepang Crypton pada tahun 2007. Pada 12 hari pertama penjualannya, lagu Miku laris manis hingga 3.000 kopi. Siapa sebenarnya penyanyi bersuara imut ini?

Dia ternyata bukan manusia, melainkan sebuah android. Miku adalah seorang vocaloid (berasal dari kata “vocal” dan “android”). Dia hanya menyanyikan lagu dengan lirik dan melodi yang dimasukkan pencipta lagu ke dalam sistemnya. Jadi, Miku tidak pernah hidup di dunia nyata.

5. Aimi Eguchi

Anda penggemar girl-band pop asal Jepang AKB48? Mungkin ada kenal dengan member bernama Eguchi Aimi. Dia adalah salah satu anggota tercantik dalam girl band tersebut. Kecantikannya membuat dia tampil di majalah Shueisha’s Weekly Playboy Magazine.

Jika anda penggemarnya, siap-siap patah hati karena Aimi memang tidak pernah ada. Dia hanyalah tokoh rekaan yang dibentuk berdasarkan bagian-bagian tubuh member lain dari AKB 48. Dalam video ini, anda akan lihat bahwa sebenarnya Aimi hanyalah robot.

Bagaimana, sudah ada yang patah hati karena tokohnya adalah rekaan semata? Ya, pada era dimana teknologi berkembang dengan sangat pesat, kreativitas manusia juga tidak terbendung. Tokoh rekaan bisa ditampilkan dengan sangat nyata dengan kepribadian yang menurut kita sangat mirip manusia.
Namun tidak ada salahnya untuk tetap meyakini dan mencintai tokoh-tokoh rekaan tersebut. Toh, kita semua pernah meyakini tokoh dongeng tertentu adalah nyata ketika kita masih kecil, bukan? Selama berfantasi. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA