5 Orang Atheis Ini Sumbangannya Lebih Besar Daripada Orang Beragama

oleh Tetalogi
12:15 PM on Dec 3, 2015

Jika mendengar kata atheis, biasanya yang muncul di kepala pertama kali adalah orang-orang yang tidak beragama. Karena tidak beragama, mereka dianggap sebagai seseorang yang tidak akan peduli dengan orang lain dan hidup dijalani dengan semaunya sendiri tanpa aturan.

Tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Meskipun tidak percaya atau tidak menyembah Tuhan, kenyataannya beberapa orang atheis sebenarnya juga baik hati dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Saking tingginya kepedulian sosial orang-orang tersebut, mereka bahkan rela menyumbangkan sebagian besar hartanya.

Baca Juga
4 Bangunan Bersejarah Umat Manusia yang Hancur Gara-Gara Keangkuhan ISIS
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap

1. Mark Zuckerberg

Siapa tidak kenal dengan Mark Zuckerberg. Namanya mulai banyak dikenal sebagai pendiri media sosial Facebook. Tapi tidak hanya itu saja, ia juga dikenal sebagai seorang philantropist atau seseorang yang dermawan karena sering memberikan sumbangan.

Mark Zuckerberg [Image Source]
Mark Zuckerberg [Image Source]
Pada 22 September 2010, ia mendonasikan sebesar 100 juta dollar ke Newark Publik School. Pada 9 Desember 2010, bersama Bill Gates dan Warren Buffett, mereka menandatangani janji yang disebut “The Giving Pledge” yang isinya bahwa mereka berjanji akan mendonasikan setidaknya setengah dari hartanya.

Selanjutnya pada 19 Desember 2013, ia kembali membuat donasi sebesar 990 juta dollar dari saham Facebooknya ke Silicon Valley Community Foundation. Pada Oktober 2014, ia dan istrinya, Prisilla Chan mendonasikan 25 juta dollar untuk melawan penyakit ebola di Afrika.

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan, pasangan milyader yang sederhana [Image Source]
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan, pasangan milyader yang sederhana [Image Source]
Yang terbaru, pada 1 Desember 2015 lalu, Mark Zuckerberg dan istrinya yang baru saja merayakan kelahiran putri mereka mendonasikan 99 persen dari saham Facebook mereka demi membuat dunia agar menjadi tempat yang lebih baik. Donasi tersebut saat ini bernilai sebesar 45 milyar dollar!

2. Bill Gates

Bill Gates dikenal sebagai pendiri Microsoft yang menjadi perusahaan software PC terbesar di dunia. Dengan kekayaan yang ia miliki, Bill Gates ternyata juga merupakan sosok yang dermawan. Hal ini terbukti dari usahanya bersama sang istri untuk mendirikan “Bill & Melinda Gates Foundation”.

Bill Gates [Image Source]
Bill Gates [Image Source]
Yayasan tersebut dibangung untuk memberikan bantuan dalam hal membantu masyarakat miskin, pengembangan agrikultur, perbaikan sanitasi, program kesehatan, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, ia juga pernah mendonasikan 20 juta dollar kepada MIT (Massachusetts Institute of Technology) untuk membangun laboratrium komputer.

Bill Gates juga menyumbangkan 6 juta dolar untuk pembangunan Gates Computer Science Building di Universitas Stanford. Bill Gates dan yayasan miliknya tertarik untuk menyelesaikan masalah sanitasi global sejak tahun 2005. Ia dan istrinya bahkan juga pernah menyumbangkan sebesar 1,5 milyar dollar dari sahamnya di Microsoft.

3. Jose Mujica

Jose Mujica adalah presiden Uruguay yang menjabat sejak tahun 2010 hingga 2015. Ia digambarkan sebagai presiden paling rendah hati di dunia karena gaya hidupnya yang sangat sederhana. Tidak hanya itu saja, ia bahkan menyumbangkan 90 persen dari gaji bulanannya untuk rakyat miskin dan pebisnis kecil.

Jose Mujica [Image Source]
Jose Mujica [Image Source]
Sebagai seorang presiden, ia berhak tinggal di istana negara, tapi ia justru memilih tinggal di pertanian kecil miliknya sendiri yang ia kelola bersama istrinya. Kendaraannya juga hanya berupa mobil VW tua.

4. Warren Buffett

Warren Buffett adalah seorang pebisnis, investor, serta pemilik saham terbesar di Berkshire Hathaway. Ia termasuk salah satu orang terkaya di dunia, namun juga sekaligus termasuk sebagai orang paling dermawan.

Warren Buffet [Image Source]
Warren Buffet [Image Source]
Ia memberikan hartanya untuk sumbangan dan kepentingan orang banyak. Pada Juni 2006, ia menyumbangkan sebanyak 83 persen hartanya lewat Bill & Melinda Gates Foundation. Ia juga menyumbangkan sebagian saham Berkshire Hathaway ke Bill & Melinda Gates Foundation yang saat itu bernilai sebesar 30,7 milyar dollar.

Rumah istrinya yang bernilai 2,6 milyar dollar juga disumbangkan begitu istrinya meninggal. Selain itu, ia juga peduli dengan bahaya nuklir sehingga dirinya menyumbangkan 50 juta dollar ke organisasi non-profit Nuclear Threat Initiative.

Tahun 2006, ia melelang mobil Lincoln Town Car miliknya lewat e-Bay dan uangnya disumbangkan ke Girls, Inc. Ia juga sering mengadakan acara pengumpulan dana untuk disumbangkan ke yayasan-yayasan bantuan dana tertentu.

5. Ted Turner

Ted Turner dikenal sebagai pendiri CHH, channel TV-kabel berita pertama yang mengudara 24-jam. Selain sebagai pebisnis, ia juga memiliki kontribusi besar untuk masyarakat karena kedermawanannya.

Ted Turner [Image Source]
Ted Turner [Image Source]
Ia pernah menyumbangkan dana sebesar 1 milyar dollar ke PBB yang kemudian mendorong dibuatnya United Nations Foundation, sebuah badan sumbangan umum untuk memperluas wilayah dukungan untuk PBB. Tahun 2001, bersama Sam Nunn mendirikan Nuclear Threat Initiative karena kepeduliannya terhadap bahaya nuklir.

Tidak semua orang atheis itu tidak peduli dengan orang lain atau semaunya sendiri. Nyatanya, masih banyak juga orang-orang yang dianggap tidak beragama tapi memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan begitu peduli dengan nasib orang lain. Apapun latar belakang kepercayaan seseorang, seharusnya memang bukan menjadi tolak ukur bagaimana kita menilai mereka. Tapi seharusnya dari perilaku mereka terhadap orang lain.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA