in

5 Misteri Dan Mitos di Pantai Parangtritis

5. Misteri hisapan ombak

Jika keempat misteri di atas lebih bersifat mistis, maka misteri hisapan ombak ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Menurut penelitian para ahli, penyebab utama hilangnya para wisatawan di pantai Parangtritis adalah karena adanya rip current.

Arus balik di pantai Parangtritis
Arus balik di pantai Parangtritis

Rip current adalah arus balik yang terjadi akibat aliran air gelombang datang dan kemudian membentur pantai dan kembali lagi ke laut. Arus itu bisa menjadi amat kuat karena biasanya merupakan akumulasi dari pertemuan dua atau lebih gelombang datang. Dengan kecepatan mencapai 80 kilometer per jam, arus balik itu bisa menjadi sangat mematikan.

Korban akan mudah terseret arus balik jika berada terlalu jauh dari bibir pantai. Jika pada saat terseret arus ini korban kemudian melawan, maka dia akan semakin jauh terseret arus bawah laut dan selanjutnya bisa tersangkut karang atau masuk ke dalam patahan dalam laut. Di sini korban akan diendapkan dan baru bisa kembali terangkat ke permukaan jika ada arus lain yang mengangkat sedimen dari dasar laut. Dan hal ini butuh waktu beberapa hari.

Baca Juga: 5 Insiden Paling Aneh di Sepakbola

Written by wahyu

Leave a Reply

Jadwal Liga Champions Terbaru

Jadwal Liga Champions Terbaru

Makin Terkenal, Sony Wakwaw Pindah Rumah Baru

Makin Terkenal, Sony Wakwaw Pindah Rumah Baru