5 Kendaraan Umum Unik Di Indonesia Zaman Dulu

oleh Vyra Sofia
08:54 AM on Jan 23, 2015

Seiring dengan berkembangnya jaman dan teknologi dalam transportasi mengalami perubahan alat transportasi. Begitu juga di Indonesia, perubahan zaman membuat kendaraan umum di zaman dulu musnah dan tidak dipakai kali. Ada beberapa di antara kita yang pernah merasakan kendaraan yang sudah tidak beroperasi tersebut. Namun, ada juga yang belum pernah sama sekali seperti generasi muda saat ini. Bahasan kali ini berguna bagi Anda yang ingin tau dan ingin bernostalgia dengan mengenang lagi kendaraan umum unik yang tidak lagi digunakan di Indonesia. Berikut 5 kendaraan umum unik yang pernah beroperasi di zaman dulu di Indonesia.

1. Trem

Kendaraan yang satu ini mulai beroperasi di kala Jakarta masih dikenal dengan nama Batavia. Trem mulanya menggunakan tenaga kuda. Namun, di pergantian tahun penggunaan tenaga kuda pada trem diganti dengan tenaga uap. Sehingga namanya pun berubaha menjadi trem uap. Hal tersebut terjadi pada tahun 1881. Kemudian, mengalami pergantian pada trem lagi dari menggunakan tenaga uap menjadi tenaga listrik. Hingga nama trem dikenal dengan trem listrik.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Trem
Trem

Bentuk penampakan trem yaitu seperti kereta yang tak bergandeng dan tak panjang. Operasi jenis kendaraan umum yang satu ini tidak intensif. Operasi kendaraan umu trem ini berhenti pada tahun 1960. Pada saat itu, presiden Soekarno lah yang menghentikan operasi trem. Beliau melakukannya karena menganggap trem tidak cocok berada di Jakarta.

2. Helicak

Helicak merupakan singkatan dari helicopter dan becak. Bentuknya yang mirip dengan helikopter dan becak membuat kendaraan umum satu ini bernama helicak.  Kendaraan unik satu ini mulai beroperasi di Jakarta pada Maret tahun 1971, yaitu di saat pemerintahan Gubernur Ali Sadikin.

Helicak
Helicak

Layaknya becak biasa, penumpang bisa duduk di depan tepatnya di dalam kabin dengan kerangka besi dengan penutup yang terbuat dari serat kaca di bagian depan yang berfungsi untuk melindungi penumpang dari panas terik, hujan, dan debu jalanan. Sedangkan, pengemudi berada di bagian belakang. Kendaraan yang memang mirip dengan becak ini muat untuk 2 penumpang dewasa. Namun, sayangnya kendaraan yang berasar dari  skuter Lambretta asal Italia ini dilarang beroperasi lagi pada tahun 1987 lantaran jika terjadi kecelakaan penumpanglah yang akan menjadi korban terlebih dahulu. Selain itu, helicak tersingkirkan karena munculnya bajaj saat itu.

3. Oplet

Di tahun 1950-an terdapat kendaraan unik yang mirip dengan mobil. Kendaraan ini tercipta karena terinspirasi dengan mobil sedan merek Morris buatan Inggris. Perbedaanya adalah ban yang di modifikasi. Kendaraan ini mempunyai 2 bagian, yaitu bagian untuk supir dengan pintu samping dan bagian belakang untuk penumpang. Lantai dan jendela kendaraan ini terbuat dari kayu. Di bagian jendela terdapat  bentang plastic yang padt dinaikkan dan diturunkan. Sedangkan atapnya terbuat dari seng.

Oplet
Oplet

Kendaraan umum ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Rata-rata oplet bermerek Austin. Sehingga sebagian orang betawi lebih menyebutnya dengan sebutan Austin. Oplet ini semakin terkenal di masa film ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yaitu di era 1990-an. Namun, di era tersebut kendaraan umum ini sudah tidak mempunyai ijin beroperasi. Ijin operasi kendaraan ini sudah dicabut sejak tahun 1979. Sejak tahun tersebut pula, muncul mikrolet sebagai gantinya. Mikrolet ini sebenarnya adalah evolusi dari oplet.

4.Kancil

Kendaraan ini muncul sebagai ganti dari bajaj yang menimbulkan polusi. Kendaraan ini mulai diusulkan pada tahun 2000. Pada tahun 2004 ijin operasi Kancil disetujui oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Fauzi Bowo. Kancil adalah singkatan dari (Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah). Kendaraan unik ini diproduksi oleh PT. Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari. Kendaraan ini mirip dengan bentuk mobil yang dimodikasi dengan bajaj. Sehingga bentuknyamenjadi seperti mobil mungil.

Kancil
Kancil

Namun, kemunculan dari kancil ini menuai pro kontra lantaran kancil bisa beroperasi jika pembeli membeli bajaj untuk dimatikan operasinya. Selain itu, kancil hanya mempunyai ijin melewati jalan-jalan tertentu saja. Oleh karena itulah, kendaraan umum ini tak lama beroperasi dan akhirnya tidak berkembang biak karena aturan tang berlaku terbilang rumit.

5. Bus Tingkat

Apakah pernah melihat kendaraan ini? Pastinya iya. Anda bisa menemuinya di film-film kuno Inggris. Namun tak hanya di Inggris saja kendaraan ini beroperasi. Dulu, di era 1990-an bus tingkat yang mirip bis Doubledecker di London ini beroperasi di Jakarta. Kendaraan jenis ini menjadi primadona diantara sekian banyak jenis kendaran umum tempoe doeloe. Oleh karena itu, kendaraan ini mencapai kejayaannya pada tahun 1980-an.

Bus Tingkat
Bus Tingkat

Sayangnya, bus ini mengalami beberapa masalah hingga pada akhirnya kendaraan ini berhenti beroperasi tahun 1996. Hal tersebut dikarenakan tingkat keamanannya yang kurang maksimal. Selain itu, kendaraan ini dinilai tidak stabil karena posisi titik beratnya yang tinggi, sehingga hanya bisa beroperasi di medan yang datar. Selain itu, kendaraan ini tidak bisa digunakan oleh penumpang yang mempunyai masalah dengan fisiknya ,seperti penumpang yang menggunakan kursi roda, sulit untuk naik kelantai dua dari bus ini. Namun, ada kabar kembira bagi Anda yang merindukan kendaraan unik ini. Kendaraan ini kembali beroperasi lagi pada tanggal 24 Maret tahun 2014 lalu. Kendaraan ini difungsikan sebagai salah satu layanan rekreasi bagi wisatawan dan turis. Mau mencobanya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA