5 Kecelakaan Pesawat yang Terjadi Selama 2014 di Seluruh Dunia

oleh Admin
07:00 AM on Aug 11, 2014

Dalam 2 bulan terakhir kita telah mendengar beberapa kecelakaan pesawat komersil yang terjadi diseluruh dunia dan merenggut ratusan nyawa menghilang dan nyaris jarang ada korban yang selamat dari semua insiden tersebut.

Kecelakaan terjadi karena berbagai sebab seperti, pembajakan, sabotase, kerusakan pesawat atau tindakan militer. Berikut kami mengumpulkan informasi tentang semua kecelakaan pesawat komersil yang terjadi selama tahun 2014.

Baca Juga
Bukan Kegembiraan, 4 Lomba Agustusan Ini Justru Berakhir dengan Tragedi
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

1. Iran Air Lines

Kecelakaan ini terjadi hari Ahad kemarin pada tanggal 10/08/14 di Iran, Setidaknya 39 penumpang dan kru pesawat Iran Airline tewas dan sembilan luka kritis setelah pesawat jatuh di dekat bandara di ibukota Teheran, menurut media resmi dan negara transportasi senior. Kantor berita IRNA mengatakan pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari bandara Mehrabad, pada Minggu 10/08/14.Iran airlines

Iran telah mengalami serangkaian kecelakaan pesawat, yang disebabkan oleh usia pesawat yang sudah tua serta kondisi pesawat yang kurang terawat akibat kelangkaan suku cadang.

Terakhir kecelakaan pesawat besar di Iran terjadi pada Januari 2011, ketika Iran Air Boeing 727 pecah berkeping-keping ketika mencoba pendaratan darurat di badai salju di barat laut Iran, menewaskan sedikitnya 77 orang.

Baca Juga:Marinir Amerika Menembak Jatuh Pesawat Iran Airlines 655

Pada bulan Juli 2009, sebuah pesawat jet buatan Rusia jatuh di barat laut Iran tak lama setelah lepas landas dari ibukota, menewaskan 168 orang.

2. 17 Juli 2014 Malaysia Airlines  MH17

Malaysia Airlines adalah maskapai paling tidak beruntung ditahun 2014 karena dua pesawatnya mengalami kecelakaan tahun ini dan jarak kecelakaan kedunya sangat dekat. Pesawat dengan kode MH17 Jatuh dekat Grabovo, Ukraina.

Pesawat MH17 dalam penerbangan internasional yang bertolak dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur, Malaysia. Pesawat dalam penerbangan di atas 33.000 kaki dan ditembak dengan rudal entah oleh separatis pro Rusia atau militer Ukraina sampai sekarang masih belum terjawab. Semua penumpang sebanyak 283 dan 15 awak tewas.
Fatal Malaysia Airlines Acara

3. 24 Juni 2014 Pakistan International Airlines (PIA) PK756

Pesawat komersil dengan koden PK756 ini ini terbang dari Peshawar, Pakistan Pesawat PIA ini dalam penerbangan internasional yang berangkat dari Riyadh, Arab Saudi menuju Peshawar, Pakistan. Pesawat ini ditembak oleh orang yang tidak dikenal dari darata sesaat sebelum mendarat. Dua anggota awak kabin dan satu penumpang terkena, dan penumpang meninggal karena luka kritis tertembus peluru. Tidak ada luka lain di antara 10 anggota awak lainnya atau 177 penumpang lainnya.

Dugaan kuat, pesawat ini diserbu oleh milisi Taliban yang terkenal sering menyerang pemerintah, dan saat itu yang diserang adalah pesawat komersil, diyakini semua penumpang baru saja melakukan ibadah umrah. Senjata yang digunakan untuk menembak pesawat ini adalah jenis RPG

4. 8 Maret 2014 Malaysia Airlines MH370

Kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370 sampai sekarang belum ditemukan dan lokasi jatuhnya masih belum diketahui. Pesawat MH370 dalam penerbangan internasional berangkat dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, Cina dan hilang ditengah perjalanan.

Status MH370 saat ini dan lokasi jatuhnya pesawat, bersama dengan 227 penumpang dan 12 awak yang berada di kapal, tidak diketahui. Sementara diyakini bahwa radar militer di Malaysia mendeteksi pesawat kembali ke arah Malaysia, tidak ada informasi yang menguatkan berita ini seperti komunikasi dari pilot atau informasi dari transponder pesawat yang terkait dengan data radar.

5. 16 Februari 2014 Nepal Airlines 9N-ABB

Nepal Airlines dengan kode 9N-ABB dalam penerbangan domestik yang berangkat dari Pokhara menuju Jumla, Nepal. Kontak radio hilang sekitar 30 menit setelah lepas landas. Pesawat terjatuh dan ditemukan keesokan harinya, ketiga awak pesawat dan 15 penumpang tewas.

Penyebab kecelakaan pesawat diyakini adalah karena faktor cuaca buruk yang melanda seluruh wilayah nepal saat itu.

Baca Juga:5 Kecelakaan Pesawat Paling Mematikan Sepanjang Masa

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA