5 Fakta Kapal Titanic Yang Baru Terkuak Setelah 102 Tahun

oleh Admin
07:32 AM on Oct 1, 2014

14 April 1912, Kapal paling besar saat itu yaitu RMS Titanic tenggelam di Samudra Atlantik karena menabrak gunung es. Kala itu, beritanya menyebar hingga ke seluruh dunia dan menjadi duka mendalam. Kapal yang digadang-gadang sebagai pelopor cruise ship di era modern ini bersemayam di dasar laut hingga hari ini.

Film yang mengangkat tentang tenggelamnya kapan Titanic juga menjadi favorit sepanjang masa. Tahukah Anda, banyak sekali fakta yang baru terkuak setelah kapal ini tenggelam ratusan tahun? Misalnya saja seperti adegan dalam film Titanic itu ada yang merupakan kejadian nyata? Ini dia fakta lengkapnya:

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Kapal Titanic Menggunakan Cerobong Palsu

Pada tahun 1900an, kapal biasanya hanya memiliki 1-2 cerobong asap saja. Kapal RMS Titanic memiliki 4 cerobong asap yang besarnya luar biasa. Tapi siapa sangka bahwa salah cerobongnya itu palsu dan tidak bekerja sama sekali?

Kapal Titanic Menggunakan Cerobong Palsu
Kapal Titanic Menggunakan Cerobong Palsu

Arsitek RMS Titanic membuat cerobong keempat karena ingin kapal ini terlihat semakin megah dan mengesankan. Dilansir dari viralnova, cerobong terakhir ini hanyalah palsu dan sebagai ‘hiasan’ belaka. Siapa sangka bukan?

2. Koki Kapal Titanic Selamat Berkat Alkohol

Salah satu kisah heroik dan juga penyelamatan diri paling mengharukan adalah dari kepala bagian pembuatan roti. Ia meminum alkohol hingga banyak sekali dan bisa selamat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Koki Kapal Titanic Selamat Berkat Alkohol
Koki Kapal Titanic Selamat Berkat Alkohol

Rupanya, alkohol menghangatkan organ-organ tubuhnya hingga membuatnya bisa bertahan walaupun 2 jam ‘terendam’ dalam lautan yang sangat dingin. Kepala koki ini selamat setelah 2 jam berjuang untuk hidup.

3. Semua Penumpang Titanic Bisa Selamat, Tapi Sayangnya…

1912, teknologi komunikasi menggunakan gelombang radio sudah paling canggih dan bisa diandalkan. namun tidak bisa real time dan langsung diterima saat itu juga. Sebenarnya di dekat RMS Titanic saat kondisi akan tenggelam ada sebuah kapal yang melintas. Kapal ini bisa membantu untuk menyelamatkan seluruh penumpang Titanic dibantu dengan kapal lainnya. Tapi sayangnya…

Penumpang Titanic Yang Selamat
Penumpang Titanic Yang Selamat

Komunikasi yang lambat saat itu membuat kapal dari California itu kesulitan menjangkau RMS Titanic dengan cepat. Sayang sekali ya? Padahal andai saat itu sudah canggih seperti sekarang, bukan tidak mungkin angka kematian penumpang bisa ditekan semaksimal mungkin.

4. Misteri Gunung Es Yang Ditabrak Kapal Titanic

Sistem navigasi kapal ratusan tahun lalu tentu berbeda dengan hari ini. Gunung es menjadi momok tersendiri bagi kapal yang melintas di Samudra Atlantik pada malam hari. Ternyata, gunung es di Atlantik itu merupakan sebuah bongkahan es raksasa yang mengambang tidak tentu tempatnya lho!

Misteri Gunung Es Yang Ditabrak Kapal Titanic
Misteri Gunung Es Yang Ditabrak Kapal Titanic

Jadi begini, gunung es ini terombang ambing di lautan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Tidak ada satu kapalpun yang tahu pasti letak gunung es ini karena selalu berpindah tempat. Menyeramkan, pantas saja kapal sebesar Titanic kalau meleng sedikit bisa berakibat sefatal ini ya.

5. Fakta Tentang Titanic Yang Diangkat di Dalam Filmnya

Film Titanic yang dibintangi oleh Leonardo diCaprio serta Kate Winslet ini masih membuat banyak orang menangis saat melihatnya. Ada beberapa fakta tentang tenggelamnya kapal Titanic ini dan diangkat ke dalam film semi fiksi ini. Apa saja itu?

Fakta Tentang Titanic Yang Diangkat di Dalam Filmnya
Fakta Tentang Titanic Yang Diangkat di Dalam Filmnya

Ternyata benar, bahwa banyak sekoci di Kapal Titani yang tidak diisi penuh oleh penumpang saat akan tenggelam. Padahal jika kru kapal mau mengisi sekoci hingga penuh, bukan tidak mungkin seluruh penumpang dari para tenaga pembakar di bagian bawah bisa selamat semua.

Tidak hanya itu, Anda ingat adegan saat para pemain musik memilih untuk terus memainkan musik hingga kapal tenggelam? Dalam kejadian aslinya, hal ini betulan terjadi. Wow siapa sangka?

Baca Juga : Di China Telur Direbus Dengan Air Kencing Perjaka Jadi Makanan Favorit

Nasi sudah menjadi bubur, tidak ada yang bisa disesali lagi. Namun kapal RMS Titanic akan tetap menjadi legenda yang dikenang selamanya. Apakah Anda sedih saat menonton filmnya? kasih tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Baca Juga :5 Band Unik Yang Personil dan Vokalisnya Bukan Hanya Manusia

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA