5 Baju Adat Paling Unik di Indonesia

oleh wahyu
11:34 AM on Dec 6, 2014

Jika berbicara tentang pakaian tradisional, Indonesia adalah juaranya. Sebab Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa yang masing-masing memiliki budaya dan tradisi sendiri. Tidak heran jika setiap propinsi di negara kita memiliki pakaian tradisionalnya sendiri, yang saat ini seringkali hanya dipakai pada saat acara pernikahan.

Baca Juga :10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Masing-masing pakaian adat juga memiliki keunikan tersendiri. Ada yang terbuat dari bahan yang mewah dan hanya dipakai oleh raja dan oara bangsawan, ada yang terbuat dari serat kayu, ada yang hanya dipakai pada saat-saat tertentu, dan ada pula yang merupakan salah satu pakaian yang tertua di dunia.

Penasaran? Simak yuk 5 pakaian adat paling unik yang merupakan kekayaan budaya dari negara kita tercinta…

1. Pakaian Adat Ulee Balang dari Nangroe Aceh Darussalam

Secara adat, pemakaian busana Ulee Balang di propinsi ini hanya bagi kalangan raja dan keluarganya serta bagi kalangan pemuka agama.

Pakaian Adat Tradisional Ulee Balang
Pakaian Adat Tradisional Ulee Balang

Pakaian Ulee Balang untuk raja sering mengundang decak kagum orang yang melihatnya karena pakaian ini memang sangat mewah dengan sulaman benang emas mulai dari tutup kepalanya. Bahkan tak jarang pakaian ini dilengkapi dengan aksesoris berbahan emas asli.

Sedangkan Ulee Balang untuk pemuka agama bentuknya lebih sederhana. Corak yang digunakan hampir sama dengan Ulee Balang untuk keluarga kerajaan namun tanpa balutan dari emas.

Selanjutnya : 2. Pakaian Aesan Gede dari Sumatera Selatan

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA