3 DP KPR 0% ‘Baik Hati’ di Amerika yang Harusnya Bisa Ditiru Indonesia

Kalau Indonesia mengikuti cara ini kita nggak perlu puyeng harus nabung DP lagi!

oleh Monza Boom
15:41 PM on Mar 9, 2017

Permasalahan paling pelik setelah lulus kuliah dan mulai bekerja adalah bagaimana bisa mengumpulkan DP KPR yang tidak sedikit jumlahnya. Punya rumah jelas merupakan simbol kemapanan dan kenyamanan yang kita semua ingin capai. Tapi dengan kondisi harga tanah yang terus meroket banyak orang yang harus mati-matian menabung dan mencicil puluhan tahun demi mempunyai rumah.

Di konten Boombastis sebelumnya soal perumahan seharga 200 jutaan beberapa dari kamu penasaran adakah KPR yang menawarkan DP 0%? Di Indonesia wacana ini memang masih belum menemukan titik terangnya. Tapi di Amerika sana sudah ada 3 opsi KPR DP 0% dan 2 opsi KPR ber-DP sangat ringan yang dijalankan. Apa saja? Bisa tidak Indonesia menerapkannya? Yuk lihat sama-sama!

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

1. DP 0% dari Program Veteran Affairs khusus untuk mantan pahlawan

Demi menghargai perjuangan para pahlawan yang sudah mati-matian menjaga nama baik negara, Amerika serikat memberikan program DP 0% bagi mantan pahlawan yang ingin mencicil rumah. Mereka yang berhak menggunakan program ini adalah mereka yang sudah terdaftar sebagai pahlawan dan beberapa personil militer yang mendapat hak khusus.

Selain DP 0%, bunga KPR untuk mantan pahlwan di Amerika Serikat pun diatur cukup rendah. Bagi mereka para pahlawan yang baru pertama kali mengajukan pembiayaan rumah akan dikenakan bunga sebesar 1,25%-3,3%.

2. Program Navy Vederal. DP 0% dan bunga rendah untuk anggota militer

Anggota militer yang masih aktif bertugas juga mendapat keistimewaan untuk mendapatkan DP KPR 0% dan bunga rendah. Program bernama Navy Federal dijalankan oleh Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat dengan prinsip “Kami akan melayanimu di daerah kamu melayani kami.”

Seorang personil militer bisa mengajukan pinjaman untuk pembiayaan rumah di daerah tempatnya bertugas. Bunga yang ditawarkan untuk program ini juga cukup rendah, lebih rendah dari program Veteran Affairs. Yaitu di angka 1,75%. Berbeda ya dengan di Indonesia yang personil militernya diberi rumah dinas. Di Amerika mereka diberikan keistimewaan untuk mencicil tanpa DP dengan bunga rendah!

3. Program USDA khusus untuk mereka yang ingin membeli rumah di daerah pedesaan

A residential house with a large yard in northern Florida

Demi mendorong pemerataan pemukiman penduduk ke daerah suburban Kementerian Pertanian Amerika Serikat menyediakan pinjaman pembiayaan rumah khusus untuk keluarga yang bersedia pindah ke daerah suburban (daerah pinggiran yang dekat dengan industri pertanian dan peternakan.)

Untuk mendapatkan kesempatan pembiayaan melalui program ini pelamar harus mendaftarkan diri ke web USDA. Setelah memasukkan data diri, jumlah keluarga tertanggung, memasukkan data apakah ada anggota keluarga yang memiliki kebutuhan khusus — barulah akan terlihat apakah seseorang memenuhi syarat atau tidak untuk mengikuti program ini. Perbedaan pinjaman ini dengan pinjaman konvensional lainnya adalah tidak adanya asuransi untuk rumah yang dibangun. Jumlah bunga yang harus dibayarkan adalah sekitar 1% dari total pinjaman.

Dari 3 opsi pilihan DP KPR 0% ala Amerika Serikat ini terlihat bagaimana negara yang konon paling menjunjung tinggi demokrasi ini memanusiakan kaum berjasa dan yang paling terpinggirkan di negaranya. Dengan manajemen yang matang, dukungan dari pihak pemerintah-swasta dan bank DP KPR 0% bukan hal yang mustahil dilakukan. Apalagi untuk orang-orang yang memang membutuhkan dan layak mendapatkannya. Sepakat?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA