16 Tim Lolos Ke Fase Gugur Liga Champions

oleh didi
08:59 AM on Dec 12, 2014

Liga Champions telah menyelesaikan seluruh pertandingan penyisihan grup. Kompetisi antar tim elite Eropa itu kini memasuki babak 16 besar atau biasa disebut dengan fase gugur.

Dari Grup A, Atletico Madrid dan Juventus sukses mengungguli Olympiakos Piraeus dan Malmo FF untuk melaju ke babak 16 besar. Atletico lolos sebagai juara grup usai mengoleksi 13 poin hasil dari empat kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah. Sedangkan Juventus harus bekerja keras untuk mendapatkan status runner-up. Dari enam laga, jawara Serie A ini mencatatkan tiga kemenangan, satu imbang dan dua kali kalah.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

16 Tim Lolos Ke Fase Gugur Liga Champions
16 Tim Lolos Ke Fase Gugur Liga Champions

Di Grup B, juara bertahan Real Madrid berhasil menyapu bersih enam pertandingan dengan kemenangan. FC Basel pun berhak mendampingi Madrid lolos maju ke babak 16 besar. AS Monaco sukses memastikan diri lolos sebagai juara di Grup C usai menang 2-0 atas Zenit St Petersburg di matchday pamungkas menyalip Bayer Leverkusen yang harus puas lolos sebagai runner-up usai bermain imbang 0-0 kontra Benfica.

Dari Grup D, Borussia Dortmund sukses mengklaim posisi sebagai juara grup meski memiliki poin sama dengan Arsenal, yakni 13. Dortmund berhak jadi juara grup karena unggul head to head dari Arsenal. Sementara bagi Arsenal, ini adalah kali ke-15 secara beruntun mereka lolos ke babak 16 besar.

Di persaingan Grup E, Manchester City akhirnya mengambil tiket runner-up usai menang 0-2 atas AS Roma di Stadio Olimpico. Sedangkan di Grup F, Barcelona melakukan pembalasan manis terhadap PSG dalam duel perebutan puncak klasemen di laga terakhir. Barca yang kalah 3-2 di kandang PSG pada pertemuan pertama, sukses meraih kemenangan 3-1 saat bermain di Camp Nou. PSG pun harus puas jadi runner-up.

Chelsea menjadi penguasa di Grup G usai mengoleksi 14 poin, hasil dari empat kemenangan dan dua kali imbang. Sementara Schalke di partai pamungkas sukses meraih kemenangan tipis 1-0 di kandang Maribor. Dan dua tiket terakhir di Grup H menjadi milik FC Porto dan Shakhtar Donetsk. Porto lolos sebagai juara grup dengan mengoleksi 14 poin, diikuti Shakhtar Donetsk dengan koleksi sembilan angka.

Seperti biasa, 16 tim tersebut akan melewati proses undian untuk mengetahui lawan yang akan mereka hadapi di babak 16 besar nanti. Di babak ini, tim yang keluar sebagai juara grup akan bertemu dengan tim-tim yang lolos dengan status runner up di masing-masing grup.

Lawan dari masing-masing tim akan diketahui dalam sebuah acara undian yang akan diselenggarakan di Markas UEFA, Nyon, Swiss, Senin (15/12). Berikut daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions :

Grup A

Atletico Madrid dan Juventus

 

Grup B

Real Madrid dan FC Basel

 

Grup C

AS Monaco dan Bayer Leverkusen

 

Grup D

Borussia Dortmund dan Arsenal

 

Grup E

Bayern Munchen dan Manchester City

 

Grup F

Barcelona dan Paris St Germain

 

Grup G

Chelsea dan Schalke 04

 

Grup H

FC Porto dan Shakhtar Donetsk

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA