10 Makanan Khas Korea Selatan

oleh wahyu
16:30 PM on Jan 11, 2015

Korea Selatan ternyata tak hanya kaya dan terkenal dengan artis-artis yang cantik dan ganteng, K-pop yang fenomenal, dan juga drama-drama romantisnya. Namun negara ini ternyata juga tak kalah terkenalnya dalam hal kuliner. Banyak makanan khas di negara ini yang cukup terkenal di dunia. Entah karena rasanya, cara memasaknya yang unik, ataupun karena kandungan gizinya. Lantas seperti apa makanan khas korea selatan ini? Berikut 10 makanan khas Korea Selatan.

1. Kimchi

Makanan Korea Paling Terkenal di Dunia yang pertama adalah Kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional khas Korea. Pada awalnya orang Korea membuat kimchi sebagai makanan persediaan sewaktu musim dingin. Orang Korea baru mengenal cabai setelah kedatangan para pedagang Portugis. Sehingga mulai saat itu orang Korea mulai mencampurkab cabai pada Kimchi.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Kimchi
Kimchi

Kimchi merupakan asinan sayur setelah dilakukan fermentasi. Sebelumnya sayuran dicuci dan di beri garam lalu dicampur dengan bumbu-bumbu seperti udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan cabai. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi banyak di gunakan sebagai bahan masakan Korea seperti sup kimchi, nasi goreng kimchi.

2. Bibimbap

Makanan Korea yang terkenal selanjutnya adalah Bibimbap. Lumayan lucu juga nama makanan ini. Makanan khas ini berasal dari kata ‘Bibim‘ yang bermakna campuran dan kata ‘Bap‘ yang berarti beras atau nasi. Secara harfiah Bibimbap memiliki arti Nasi Campur.

Bibimbap
Bibimbap

Lebih detail lagi, penyajian Bibimbap berupa semangkuk nasi putih dan di beri lauk pauk di atasnya berupa berupa daging sapi, sayuran, telur, dan saus pedas. Yang menjadikan makanan ini unik adalah, sebelum di makan nasi dan lauk harus di aduk terlebih dahulu hingga bercampur merata. Inilah kenapa makanan ini diberi nama Bibimbap. Di Korea sendiri Bibimbap memiliki banyak variasi tergantung asal daerah masing-masing.

3. Dakjuk

masakan korea satu ini terbuat dari daging Ayam yang direbus dalam air dan dicampurkan bumbu bawang putih serta bawang merah. Lalu kemudian di tambahkan nasi dan dimasak sampai matang. Bahan utama Dakjuk adalah beras, ayam, dan bawang putih.

Dakjuk
Dakjuk

Penampilan makanan ini mirip sekali dengan bubur ayam yang kental dengan rasa bawang yang kuat. Dakjuk ini memang sangat cocok untuk anak-anak dan orang dalam masa penyembuhan mengingat makanan ini tidak pedas dan mudah dicerna.

4. Ddukbokkie

Cukup aneh juga nama makanan ini. Ddukbokkie adalah salah satu makanan snack yang sangat populer di Korea. Ddukbokkie banyak di jajakan di pinggir jalan oleh para pedagang makanan namun hanya di malam hari. Makanan ini dibuat dari ikan, telur rebus, ditambah saus pedas yang agak manis.

Ddukbokkie
Ddukbokkie

Ditambahkan juga kue beras yang kenyal dan lembut yang dikombinasikan sebagai penawar rasa pedas. Sebenarnya Ddukbokkie merupakan makanan berupa hidangan tumis yang terdiri dari garaetteok (tteok berbentuk silinder Tteok) yang dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti daging sapi, tauge, bawang, jamur shiitake, wortel, dan dibumbui dengan saus kedelai.

5. Japchae

Nah makanan khas kelima yaitu Japchae. Tapi jangan mengira Japchae jepang ini sama seperti di Indonesia. Japchae merupakan salah satu makanan korean dengan berbahan utama mie. Makanan ini menggunakan mie jenis sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan juga daging sapi. Biasanya makanan ini di sajikan sebagai lauk untuk mendampingi nasi.

 Japchae
Japchae

Cara memasak makanan ini terbilang lumayan rumit lho. Sebab tiap-tiap bahan seperti daging sapi, wortel, paprika, jamur shitake, bawang bombay, dan bayam, di tumis secara terpisah. Tujuannya adalah untuk mempertahankan rasa dan aroma masing-masing. Setelah semua bahan matang barulah kemudian dicampurkan dengan mie sohun yang sudah di rebus, minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Setelah diaduk merata maka siap untuk dihidangkan.

6. Bulgogi

Kuliner Korea satu ini juga tak kalah terkenalnya di dunia. Bulgogi, Makanan Korea ini adalah makanan yang berupa daging sapi yang diiris-iris dan kemudian dicelupkan ke dalam saus yang berupa campuran bawang putih, kecap asin, dan gula. Sangat simpel dan sederhana kan?

Bulgogi
Bulgogi

Bulgogi dibungkus dengan menggunakan daun selada bersama kimchi dan bawang putih. Kita juga bisa menambahkan penyedap lain sesuai selera masing-masing. Makanan ini sangat mirip dengan makanan Jepang Yakiniku, yang juga sudah sangat terkenal. Jika dibandingkan dengan Yakiniku, Bulgogi terasa lebih manis.

7. Hoddeok

Sekilas jika diucapkan, makanan ini terdengar seperti Hotdog. Namun jangan salah, makanan Korea ini sangat jauh berbeda. Hoddeok yang merupakan jenis makanan korea ini justru mirip dengan pancake yang biasa kita kenal. Ciri khasnya adalah makanan ini rasanya sangat manis. Kita bisa dengan mudah menemukan makanan khas ini di pedagang makanan jalanan di Korea Selatan. Biasanya makanan sangat dicari terutamanya pada musim dingin.

Hoddeok
Hoddeok

Kulit Hoddeok merupakan adonan yang di buat dari tepung terigu, air, susu, gula, dan ragi. Adonan ini kemudian diisi dengan campuran ula merah, madu, kacang, dan kayu manis. Hoddeok merupakan makanan favoritnya anak-anak di Korea.

8. Seolleongtang

Makanan Korea satu ini terbuat dari tulang sapi yang direbus dalam waktu yang sangat lama hingga menjadi makanan sup. Dalam masakan ini dimasukan juga potongan daging sapi dan lobak. Biasanya Seolleongtang disajikan saat musim dingin sebagai menu sarapan dan bisa juga sebagai hidangan makan malam.

Seolleongtang
Seolleongtang

Untuk memasaknya, pertama-tama air direbus di dalam panci besar. Bagian kepala dan tulang sapi baru dimasukkan setelah air mendidih. Kemudian setelah beberapa saat kepala dan tulang sapi dikeluarkan dan direndam dalam air segar. Selanjutnya air tersebut direbus dengan menambahkan tulang rusuk dan kaki sapi. Bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan jahe ditambahkan dalam rebusan ini untuk menghilangkan bau sapi yang tidak sedap. Rahasia masakan ini, semakin lama direbus maka akan semakin gurih dan semakin banyak gizinya.

9. Soondubu Jiggae

Makanan Korea yang satu ini diberi nama Soondubu Jiggae. Soondubu Jiggae merupakan sejenis sup yang dibuat dari tahu, sayuran, jamur, bawang, daun bawang, dan bubuk cabe dan bahan lain dari seafood seperti tiram, remis, atau udang.

Soondubu Jiggae
Soondubu Jiggae

Meskipun sejenis sup, namun makanan ini lebih kental dari sup dan lebih encer dari bubur. Hmm, cukup membingungkan! Secara tradisional, Soondubu Jiggae biasanya dimasak dengan menggunakan alat tradisional berupa gerabah. Uniknya, orang-orang korea memasak Soondubu Jiggae hanya untuk satu piring.

10. Yangnyeom Tongdak

Nah, makanan khas korea Selatan yang tak kalah terkenalnya yang terakhir adalah Yangnyeom Tongdak. Makanan ini berasal dari kata ‘Yangnyeom’ yang mempunyai arti bumbu dan ‘Tongdak’ yang berarti ayam.

Yangnyeom Tongdak
Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak merupakan makanan korea yang berupa ayam goreng dengan ditambah taburan saus manis asam pedas khas Korea. Saus inilah yang membuat ayam goreng ini beda dengan ayam goreng lainnya. Saus khas korea ini terbuat dari campuran bawang puti, saus tomat, gula, dan cabai.

Itulah 10 makanan khas korea Selatan yang cukup terkenal di dunia. Meski saat ini sudah banyak bermunculan kreasi-kreasi makanan jenis baru dari para cheaf handal, namun kita harus tetap menjaga agar makanan-makanan khas disekitar kita tetap terjaga dan lestari sampai anak cucu selanjutkan. Apakah anda termasuk orang yang suka berkreasi dengan makanan?

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA